Pemprov Jabar Alokasikan Dana APBD untuk Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memastikan akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada Provinsi Banten dan Lampung, yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12/18) lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya sudah mendapat perintah langsung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk menyiapkan bantuan yang bersumber dari APBD Jabar 2018.

“Saya selaku Sekda sudah mendapatkan perintah dari Pak Gubernur. Nanti penyerahan dan besarannya berapa dan kapan, akan disampaikan langsung Pak Gubernur untuk provinsi Banten dan Lampung,” kata Iwa yang dikutip dari rilis Humas Pemprov Jabar, Selasa (25/12/2018).

Berdasarkan perintah tersebut, kata Iwa, pihaknya sudah meminta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, untuk melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten dan Lampung terkait administrasi keuangannya.

“Dari sisi waktu masih memungkinkan kami memberikan bantuan, masih ada waktu dan karena ini sifatnya darurat bencana masih bisa,” ucap Sekda Jabar.

Rencananya bantuan kemanusiaan tersebut diambil dari pos Belanja Bantuan Tak Terduga APBD Jabar 2018, yang pada pekan lalu masih tersisa Rp45,5 miliar.

Setelah memberikan bantuan bagi bencana puting beliung Kota Bogor sebesar Rp5 miliar, Iwa memastikan masih ada slot anggaran yang bisa diberikan untuk membantu para korban bencana di dua provinsi itu. “Slotnya masih ada,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terima kasih kepada Pemdaprov dan masyarakat Jabar, atas kesigapannya mengirimkan bantuan ke wilayah yang terkena bencana.

“Kepada Pak Gubernur Ridwan Kamil, luar biasa bantuannya sangat bermanfaat bagi masyarakat kami,” katanya di lokasi evakuasi korban bencana Selat Sunda, Selasa (25/12/18) melalui video yang dikirim Tim Relawan BPBD Jabar.

“Doakan kami kuat, diberikan kesehatan dan segera pulih, kondusif kembali dan perekonomian Pandeglang segera pulih kembali. Terima kasih Pak Gubernur atas bantuannya, relawan-relawannya,” kata Irna. (Ida)

Bagikan: