Pemkot Bandung Terjunkan 100 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban



Bandung, Beritainspiratif.com - Menjelang Hari Raya Idhul Adha Pemerintah Kota Bandung terjunkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksa Hewan qurban. Tim beranggotakan 100 petugas gabungan dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) serta relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat, yang akan bekerja hingga (3/8/2020) mendatang.

Baca Juga:Dinkes-kota-bandung-ikut-awasi-pelaksanaan-uji-klinis-vaksin-covid-19

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap selain memastikan hewan kurban sehat dan layak potong, para petugas bisa turut mengkampanyekan kepada masyarakat agar tetap mematuhi standarisasi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. 

“Harapan saya menghadapi Iduladha yang dalam suasana pandemi Covid-19, para petugas bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Tak hanya sekadar memeriksa hewan kurban, tapi juga bisa mengajak masyarakat melaksanakan protokol kesehatan,” ucap Oded usai melepas Satgas Pemeriksa Hewan Kurban di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga:Dansektor-22-citarum-harum-setiap-hari-loseda-selamatkan-sampah-54-kk

Menurutnya, meski Kota Bandung sudah berada di zona biru, namun masyarakat Kota Bandung harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Sehingga Iduladha bisa tetap dilalui secara khidmat tanpa dibuntuti adanya temuan kasus baru di Kota Bandung.

“Saya tidak mau ada klaster baru dari proses pelaksanaan Iduladha ini. Paling prinsip, masker jangan sampai lepas. Gunakan sarung tangan dan terapkan sosial distancing. Kita harus fit,"ungkapnya.

"Kepada masyarakat diminta untuk kampak atau golok jangan saling pinjam, bisa dipegang masing-masing agar lebih terjaga,” imbuhnya.

Baca Juga:Terbatasnya-rph-dispangtan-minta-pemotongan-hewan-kurban-di-pusatkan-di-tiap-rw

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengaku sudah memetakan lokasi penjualan hewan kurban. Dari hasil koordinasi bersama kecamatan, di Kota Bandung sampai saat ini terdapat 212 titik lokasi penjualan.

“Total sekitar 100 orang petugas ini akan kita sebar ke semua lokasi. Satgas ini ada yang bertugas ante mortem yakni memeriksa pada saat hewan masih hidup dan ada pos mortem setelah hewan disembelih,” kata Gin Gin.

Gin Gin juga menyatakan sudah membagikan surat edaran Kementerian Pertanian perihal teknis pelaksanaan. Surat itu berisi teknis penjualan sampai proses mengurus hewan di hari raya Iduladha. 

Tonton Video Ini:Nge-Cheat Lagi di Valorant Gameplay

Semua standarisasi protokol kesehatan tersebut harus dipenuhi oleh penjual, petugas, dan panitia pengelola hewan kurban.

Seperti di tempat penjualan, pihaknya juga meminta para penjual hewan kurban menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jaga jarak dan disiplin menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Setidaknya selalu memakai masker, baju lengan panjang dan sarung tangan.

“Kalau harus dipotong di tempat tinggal masing-masing, kita sarankan petugas atau panitia untuk membentuk satu kelompok pemotongan agar terpusat. Pendistribusiannya juga tidak bergerombolan,” katanya

(Mugni)

Berita Terkait