Pemkot Bandung Siapkan 5 Puskesmas Layani Konsultasi Berhenti Merokok



Bandung, Beritainspiratif.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita, mengungkapkan pada acara Bandung Menjawab, di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (22/11/2018) bahwa sekarang ada lima Puskesmas yang bisa melayani, warga yang ingin berhenti merokok, Seingat saya di Puskesmas Puter, Ibrahim Adjie dan Kopo.

Bagi warga yang ingin berkonsultasi ke lima Puskesmas di Kota Bandung. Selain di Puskesmas, kami juga melayani di Mobil Konseling Silih Asih (Kekasih) Juara.

Lima Puskesmas dan Mobil Kekasih Juara tersebut disiapkan tenaga ahli yang bisa membantu seseorang agar berhenti merokok. Salah satu caranya dengan mengalihkan pikiran ingin merokok ke hal lain.

"Kita ada konselor dan psikolog khususnya. Tapi tetap saja, itu harus ada dorongan niat yang kuat dari yang mau berhenti merokok," katanya.

Jadwal konseling di Puskesmas bisa dilakukan setiap hari kerja, sedangkan Mobil Kekasih Juara setiap Hari Minggu dua minggu sekali di Taman Cikapayang dan Taman Dewi Sartika mulai pukul 7.00-9.00 WIB.

"Kalau di Puskesmas cukup pakai BPJS, kalau tidak punya hanya bayar karcis saja. Untuk Mobil Kekasih itu gratis konseling," ucapnya.

Pihaknya akan mencoba menyiapkan tenaga ahli lainnya seperti hipnoterapi untuk membantu warga yang ingin berhenti merokok. "Tapi tetap, intinya harus ada niat yang kuat dulu untuk berhenti merokok," ujar Rita.

Rita menambahkan bahwa penting peran pemerintah dalam mengurangi dampak rokok terutama di Kawasan Tanpa Rokok (KTR), sebab beberapa tahun lalu pemerintah sudah gencar melakukan edukasi terkait KTR.

Tercatat ada 1.033 titik pantau KTR, dan rencananya November 2018 dan awal Januari 2019 titik pantau KTR terus ditambah hingga mencapai target 1.700 titik.

"Kita tidak hentinya edukasi masyarakat bahwa merokok itu bahaya. Bukan hanya bahaya untuk sendiri, tapi juga orang lain," tutur Rita.

(Yanis)

Berita Terkait