Pemkot Bandung Segera Bentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Kota Bandung Bakal segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sampai saat ini penanggulangan bencana masih di bawah kewenangan Dinas Kebakaran.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Mengatakan, pembentukan BPBD sedang dibahas di Orpad, dan Wali Kota menginstruksikan adanya dinas tersendiri yang fokus menangani banjir atau bencana lain.

“Hal ini masih dibahas di Orpad, pak Wali juga masih menginstruksikan bahwa BPBD harus dinas tersendiri, karena kalau sekarang masih nebeng di Damkar itu kurang leluasa dalam menangani proses kebencanaan seperti potensi banjir dan sesar lembang. Mudah – mudahan nanti kita bisa melakukan penanganan lebih cepat dan baik” jelasnya di Cibanari Cikapundung Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap Kota Bandung Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, mayoritas masyarakat dulu mungkin Bandung dianggap tidak rawan bencana, padahal potensi bencana sangat besar salah satunya gempa sesar lembang.

“Dulu mungkin dianggap tidak rawan bencana, makanya dianggap tidak butuh dinas tersendiri. Tapi kan ada sesar lembang potensi banjir itu ternyata dibutuhkan dinas tersendiri untuk penanganan bencana,”ungkapnya.

Lebih lanjut Yana mengatakan, titik-titik rawan bencana sering terjadi di wilayah timur.

“Kita minta kepada teman-teman untuk selalu monitoring titik rawan, mudah-mudahan adanya kolam retensi, sendimen yang selalu dibersihkan dapat mengurangi resiko,”pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: