Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia Sibulan di Kecamatan Sukajadi



Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam rangka memfasilitasi kegiatan para warga lanjut usia (lansia), Pemerintah Kota Bandung resmikan Sekolah Lansia Sibulan, di Kantor Kecamatan Sukajadi, Rabu (5/2/2020)

Tujuan dihadirkannya sekolah lansia yaitu, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan, meningkatkan indeks kebahagiaan lansia, meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas lansia dan meningkatkan kemandirian dari aspek kesehatan fisik, psikologi, sosial dan spiritual.

“Sekolah ini diharapkan bisa meningkatkan indeks harapan hidup para lansia. Sehingga mereka tetap bisa sehat dan mandiri,” ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana usai resmikan Sekolah Lansia Sibulan di Kantor Kecamatan Sukajadi Kota Bandung Rabu (5/2/2020).

Menurut Yana, meski berlabel sekolah, nantinya pendidikan yang disampaikan lebih ke aplikatif bukan teoritis. Mengingat para lansia lebih mudah untuk melakukan yang aplikatif. 

“Tidak teoritis. Untuk pesertanya itu didata dulu, tawarkan kepada para lansia. Mau ikut atau tidak? Intinya lebih sukarela,” tuturnya. 

Selain itu, pemkot Bandung berencana bakal bangun 4 sekolah lansia di Kota Bandung

"Jadi rencananya di Bandung itu pilot projectnya ada di empat Kecamatan. Antapani, Sukajadi, minggu depan Ujungberung dan Cinambo,"ucapnya.

Sementara itu, Ketua Indonesia Ramah Lansia (IRL), Susiyana mengatakan, Sekolah Lansia akan mengajarkan mengenai pengenalan proses penuaan, pencegahan penyakit, meningkatkan kebugaran dan keseimbangan, pencegahan dimensia atau kepikunan dan keterampilan dan produktif. 

“Salah satu program unggulan IRL, seperti pencegahan penyakit ada juga pojok dimensia. Jadi kepikunan itu ada upaya pencegahan dengan bermain game seperti main puzzzle, supaya ada stimulasi motorik halus sehingga berfungsi baik,”jelasnya. 

Lebih lanjut Susiyana mengatakan, tidak hanya sekedar mempelajari mengenai aspek kesehatan fisik. Tetapi juga memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomi dan spiritual. 

“Contohnya di Sukajadi ini ada 12 kali pertemuan. Pertama materinya pengenalan proses penuaan. Lanjut memahami mengenai kondisinya (lansia). Selain itu Kita yang kenalkan program lansia. Tak hanya itu kita juga akan beri pengetahuan tentang gizi lansia. Makanan apa saja yang bisa maupun yang tidak bisa dicerna oleh lansia. Selain itu kita ajarkan musik juga kesenian,”jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait