Pemkot Bandung Pastikan Bantuan Warga Terdampak Covid-19 Terealisir Bulan Ini

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung akan pastikan bantuan kepada warga terdampak covid-19 bakal segera cair di bulan April ini. Bahkan, ditargetkan sebelum diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bandung.

“Untuk bantuan sendiri, hari ini saya belum dapat informasi untuk update dari Dinas  Sosial (Dinsos) Kota Bandung. akan tetapi  yang jelas hari ini saya minta Dinsos dengan Ketua Harian Gugus Tugas yakni Sekda Kota Bandung, harus tuntas dibicarakan dan harus segera ada keputusan secepatnya,” jelas Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung Senin (13/04/2020).

Menurutnya, persoalan pemberian bantuan tersebut tidak sederhana, ada Desil 1 (sangat miskin), Desil 2 (miskin) Desil 3 (rentan miskin) dan Desil 4  (warga yang terkena dampak Covid-19), yang terkena dampak dari Covid-19 ini yang agak susah untuk pendataannya,” ucapnya.

Lebih lanjut Oded mengatakan, untuk bantuan jangan sampai terlalu lambat.

“Bulan ini target selesai dan jangan sampai pembagian hingga bulan berikutnya,” tegasnya.

Bantuan tersebut merupakan Salah satu upaya Pemkot Bandung dalam menjamin warganya untuk memperoleh bantuan selama terdampak Covid-19. Untuk Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp218,2 miliar untuk jaringan pengaman sosial bakal segera disalurkan agar warga terjamin penghidupannya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 sebelumnya menuturkan, dampak Covid 19 ini luar biasa dari sisi ekonomi, sosial dan lain lain. Pemerintah pusat pun akan memberi bantuan ke jaring pengamanan sosial melalui kebijakan seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

Ema Sumarna berpandangan, pemberian bantuan tersebut akan mengambil pola seperti kebijakan dari pemerintah pusat. Pemkot Bandung sudah sepakat antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sesuai arahan Wali Kota, Oded M. Danial akan memberikan sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga.

Sementara bantuan Pemkot berkerjasama dengan Forum Bandung Sehat (FBS) berupa sembako sudah mulai diterima oleh warga Bandung yang masuk data sebagai Desil 1, Desil 2, Desil 3 dan Desil 4.

(Mugni)

Bagikan: