Pemkot Bandung Pantau Kesiapan 23 Mal Hadapi New Normal



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung pantau simulasi new normal atau kebiasaan baru di sejumlah toko-toko yang berada di dalam mal. Pengecekan bakal dilakunan terhadap 23 mal yang ada di Kota Bandung dari Selasa (2/6/2020) sampai Jumat (5/6/2020) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan pihaknya telah memantau simulasi new normal atau kebiasaan baru di tiga mal yaitu PVJ, BIP dan BEC.

Dalam pengecekan simulasi  tersebut pihaknya membagi menjadi dua tim.

"Saya lihat hari ini PVJ dan BIP secara umum cukup puas dengan kesiapan pengelola mal dengan berbagai variasi, inovasi dan kreativitas (kebiasaan baru," ujar Ema usai meninjau mal Bandung Indah Plaza (BIP) Jalan Merdeka Kota Bandung Selasa (2/6/2020).

Ema mengatakan, pengelola PVJ dan BIP sudah menerapkan kebiasaan baru di masa new normal. pengelola menyiapkan pencuci tangan, pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung, petugas menggunakan masker, face shield dan sarung tangan.

"Disetiap pintu diwajibkan ada protokol kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu seluruh mal dan jika sudah sesuai standar di era new normal maka bisa dibuka. Namun katanya kebijakan pembukaan merupakan kewenangan Wali Kota Bandung.

Ema menegaskan jika terdapat toko-toko di mal yang melanggar maka akan ditegur namun jika tetap berulah maka pengelola mal yang ditegur. Ia pun berharap pengelola mal secara berkala melakukan rapid tes kepada para pegawainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan apabila mal boleh beroperasi berdasarkan evaluasi simulasi new normal 23 mal maka beberapa tempat yang tetap tidak boleh dibuka yaitu bioskop, tempat mainan anak, spa.

"Semua tenant boleh dibuka dengan kapasitas 30 sampai 50 persen pengunjung," ungkapnya.

Elly mengatakan, pihaknya akan mengecek simulasi new normal mal hingga Jumat mendatang dimana hasilnya akan dilaporkan Sekda Bandung ke Wali Kota Bandung.

"Nanti pak sekda melaporkan apakah boleh tidak menunggu PSBB proporsional selesai? Dilihat dari hasil simulasi 23 mal, (kebijakannya) ada di wali kota," katanya.

(Mugni)

Berita Terkait