Pemkot Bandung Mulai Lakukan Penataan 104 PKL di Cikapundung Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Rencana Pemerintah Kota Bandung akan melakukan penataan 104 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan Cikapundung Barat pada awal Januari 2020 sudah di mulai.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Diskar PB sudah mulai membersihkan pinggiran sungai pada 1 Januari kemarin. Hanya saja, para PKL masih meminta waktu untuk berjualan sampai akhir libur tahun baru.

"Kemarin sudah dimulai pada tahun baru, tapi pedagang bilang bahwa di akhir tahun ini penjualan lagi bagus-bagusnya, jadi kita kasih toleransi nanti setelah tahun baru saja," kata Atet saat dihubungi via telepon, Kamis (2/1/2020).

Sementara untuk desain tenda dan konsep penataan akan disesuaikan dengan kawasan tersebut. Terlebih, kawasan Cikapundung merupakan wajah dari Kota Bandung, sehingga diharapkan kawasan tersebut bisa semakin indah.

Menurut Atet, penataan PKL Cikapundung Barat akan memanfaatkan area trotoar, namun tetap akan memberi ruang untuk para pejalan kaki.

"Nanti kalau yang depan PLN kan malam aja, jadi tendanya khusus yang bisa dilipat, bongkar pasanglah. Tapi untuk pejalan kaki di pinggir sungai, tenda PKL mepet ke trotoar. Badan jalan engga ada yang kena. Parkir yang di jalan sebelah kanan, rencana akan dipindahkan ke kiri. Kita sudah koordinasi juga dengan Dishub," jelasnya.

Menurutnya, proses penataan PKL di kawasan Cikapundung Barat akan rampung pertengahan bulan Januari.

"Target sebelum tanggal 15 Januari selesai," kata Atet.

(Mugni)

Berita Terkait