Pemkot Bandung: Kang Pisman Masih Tahap Sosialisasi dan Edukasi

Bandung, Beritainspuratif.com – Sejak digulirkan pada 2018 lalu, Program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman) yang di gagas Wali Kota Bandung, dinilai tidak memiliki dampak yang cukup signifikan dalam pengurangan jumlah sampah di Kota Bandung.

Hal itu diungkapkan oleh Seksi Peningkatan Kapasitas dan Edukasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Syahriani, dalam Bandung Menjawab di Balaikota, Jalan Wastukencana, Kota Bandung Selasa (21/1/2020).

“Sebetulnya belum signifikan, kemarin saja waktu di tahun baru penurunannya sedikit,” ucapnya.

Menurut Syahriani, saat ini program Kang Pisman masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi. Namun, semenjak ada program Kang Pisman masyarakat menjadi lebih sadar untuk membuang sampah di TPS.

“Kita masih tahap sosialisasi dan edukasi, jadi tadinya tidak tercatat pembuangan sampah ke sungai yang di bakar tapi sekarang sudah tercatat jumlah sampah yang masuk ke TPA,” jelasnya.

Untuk itu, kata Syahriani, Pemerintah Kota melalui DLHK bersama PD Kebersihan akan membentuk Satgas khusus yang akan melibatkan seluruh OPD.

“Sehingga masing-masing OPD memiliki tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya. Seperti Dinas Kesehatan itu RS laboratorium klinik, kemudian Dinas Pendidikan ada Sekolah, SD-SMA sampai Universitas,” jelasnya.

(Mugni)

Bagikan: