Pemkot Bandung Harapkan Isolasi Dapat Dilakukan di Tingkat Kecamatan



Bandung, Beritainspiratif.com - Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna meminta kepada aparat kewilayahan di tingkat kecamatan dan kelurahan lebih gencar mengimbau warganya agar tidak mudik. Termasuk juga meminta warga tetap berada di rumah saat Hari Raya Idulfitri 1441 hijriah.

“Sekarang ada arus mudik ini kita harus perketat inventarisasi, kalau tidak ya kita jebol. Kita tidak ingin ada berita tidak bagus. Seperti ada yang terpapar karena dari mudik,” ucap Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Sabtu (23/5/2020)

Menurutnya, untuk memutus penyebaran virus corona ya carangan dengan meminimalisir interaksi. Oleh karenanya, ia juga meminta agar warga sadar dan terbuka untuk melapor apabila terlanjur pergi ke kampung halaman.

“Masa kita menghalang-halangi orang yang sudah datang. Terpenting harus terdata. Jangan menyebarkan penyakit. Mereka harus isolasi,” tegasnya.

Pihaknya juga meminta agar aparat kewilayahan di tingkat kecamatan untuk menyiapkan tempat khusus isolasi. Tempat ini sebagai antisipasi apabila ada warga yang tidak memiliki sarana prasarana memadai untuk isolasi mandiri.

Ema menuturkan, Dinas Kesehatan Kota Bandung mengirim 20 orang ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat untuk isolasi. Hal itu mengingat Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersebut tidak menunjang untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya.

“Kita juga mintakan di kecamatan kalau memungkinkan isolasi dapat dilakukan di tingkat kecamatan. Saya yakin di kecamatan pasti ada. Contohnya Sukajadi yang mengusulkan ada gedung milik Kemendagri,"katanya.

(Mugni)

Berita Terkait