Pemkot Bandung Gelar Acara Solidaritas untuk Palestina Selama Sepekan

Bandung, Beritainspiratif.com – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Bandung bekerja sama menggelar pekan solidaritas Palestina bertajuk Solidarity Palestine Week, sebagai rangkaian kegiatan.

Pembukaan kegiatan ini diawali dengan peresmian Palestine Walk, di Jalan Alun-Alun Timur Kota Bandung, Sabtu (13/10/2018). Acara tersebut dihadiri langsung Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, Menlu RI Retno Marsudi, dan Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Menlu RI, Retno Marsudi, Foto : Tito- BI.Com

Menurut Retno Marsudi, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingat dan mendukung penuh seluruh rakyat Indonesia terhadap bangsa Palestina yang masih berjuang hingga hari ini.

“Kita baru saja resmikan Palestine walk. Ini merupakan satu simbol dukungan seluruh rakyat Indonesia pada perjuangan bangsa Palestina yang sampai saat ini masih terus berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan,” ungkapnya kepada wartawan usai peresmian.

Dirinya menambahkan area tersebut dipilih menjadi Palestine Walk karena letaknya strategis dan dekat dengan Gedung Merdeka

“Pertama, letaknya sangat strategis, yang kedua, jangan lupa kalau kita lihat sejarah maka walk ini berada di dekat gedung dimana dilaksanakan Konferensi Asia Afrika pertama pada tahun 1955 dari konferensi tersebut tersisa satu pekerjaan rumah kita yang belum selesai yaitu kemerdekaan Palestina,” tambahnya.

Terkait rangkaian kegiatan, Rini menambahkan pada Minggu (14/10/2018)  akan digelar fun walk for peace and humanity di Jakarta.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded Muhammad danial menegaskan pihaknya sangat bangga lantaran terpilih menjadi kota yang menggelar Palestine Solidarity Week

“Tentu sebagai kota yang menyelenggarakan KAA pada tahun 1955 dan menjadi ibu kota Provinsi Jawa Barat kami sangat berbahagia,” ungkapnya.

Menlu RI Retno M, Menlu Palestina, Riyad al-Maliki dan Wali Kota Bandung Oded M Danial, Foto : Tito – BI.Com

Pada mulanya Pemkot Bandung memberikan dua pilihan untuk diselenggarakan acara tersebut. Pertama di Jalan Alun-Alun Timur, satu lagi di Ciumbuleuit yakni 1,2 hektare untuk taman palestina, tapi ternyata pihak Palestina dan Kemenlu memilih Jalan Alun – alun.

“Mudah-mudahan, ini sejarah ya buat kita bangsa Indonesia khususnya kota Bandung untuk senantiasa mengingat bahwa Palestina memang merupakan satu diantara negara-negara yang dulu memberikan dukungan atas kemerdekaan Negara Indonesia,” pungkasnya. (Tito)

Bagikan: