Pemkot Bandung dan Inggris Kerjasama Kembangkan Transportasi Massal

Bandung, Beritainspiratif.com – Kota Bandung dipilih menjadi salah satu pilot projeck Kota Masa Depan atau Global Future Cities. Program tersebut menitik beratkan kepada pengembangan sistem transportasi massal dan penataan kota.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, kota Bandung dipilih untuk program Global Future Cities, karena Bandung merupakan kota penting di Indonesia.

“Karena Bandung menjadi salah satu kota terpenting di Indonesia dengan segala pusat sejarahnya namun dengan pertumbuhan yang cepat. Jadi penting untuk bisa membuat ini lebih baik dan saya pikir kota lain di indonesia akan melihat hal itu dari Bandung,”ucapnya di Bandung Plannary Gallery Jalan Aceh Kota Bandung Selasa (11/2/2020).

Menurut Owen selain Kota Bandung yang akan di jadikan kota Global Future Cities atau kota masa depan, pihaknya akan menerapkan di Surabaya.

“Kota Surabaya punya karakter yang berbeda, di Bandung kita fokus ke transportasi umum dan tata kota, di Surabaya kita lebih ke arah ketahanan sebagaimana perencanaan mereka. Jadi itu adalah hal yang berbeda. Jadi saya harap kita bisa mendukung kedua pemerintahan ini dengan cara yang berbeda,”jelasnya.

Saat di tanya soal Kota yang mirip Bandung di Inggris pihaknya mengatakan kota london, manchester dan birmingham. Menurutnya, kota-kota tersebut memiliki permasalahan yang sama.

“Saya rasa kita menghadapi tantangan yang sama dengan Bandung dari segi perkembangan adalah kota london, manchester dan birmingham yang menghadapi masalah yang sama seperti menangani transportasi umum dan isu kualitas udara. Karena udara bersih bisa memberikan energi untuk masyarakat. Saya rasa masyarakat di kota tersebut sudah melewati tantangan itu. Saya ingin membagi pengalaman itu dengan bandung dan surabaya,”ungkapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut baik hal tersebut.

“Tentunya sebagai perwakilan pemerintah kota mengucapkan terima kasih pada pemerintah Inggris yang memilih kota Bandung sebagai salah satu pilot project pengembangan sistem transportasi massal,”ucap Yana.

Yana berharap mudah-mudahan kota Bandung dapat manfaat dari transfortasi massal yang nyaman dengan tiket yang terjangkau.

“Jadi Kota Bandung sendiri memiliki sejumlah program pengembangan transportasi seperti LRT, Trans Metro Bandung (TMB), Angkutan Kota (Angkot) dan lainnya. Dengan kerjasama inilah, semua itu akan semakin terintegrasi. Sehingga masyarakat semakin mudah memilih transportasi massal yang  insya Allah aman nyaman dan tiketnya terjangkau,”ungkapnya.

(Mugni)

Bagikan: