Pemkot Bandung Bersama PSTNT-BATAN Resmikan Wisata Teknologi Nuklir



Bandung,Beritainspiratif.com - Pusat Sains Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Pemerintah Kota Bandung meresmikan Wisata Teknologi Nuklir di Jalan Taman Sari No.71 Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Kepala BATAN Anhar R Antariksawan mengatakan, Wisata Teknologi Nuklir bertujuan untuk meluruskan persepsi masyarakat terhadap nuklir. Menurutnya, banyak yang memandang nuklir selalu indentik dengan bom, dan sesuatu yang berbahaya. Padahal banyak sekali yang tidak berbahaya.

"Di sini juga ada reaktor nuklir, tidak ada radiasi dan tidak sama sekali membahayakan,"katanya.

Saat ini BATAN memiliki dua produk unggulan hasil Reaktor Nuklir pertama di Indonesia. Hasil-hasil nuklir BATAN ini bisa di manfaatkan untuk mempercepat tumbuhan.

"Kami punya farietas unggul yaitu padi, kedelai, kacang hijau. Kami punya produk pemercepat tumbuh. Misalnya, kalau ingin cengeknya cepat tumbuh bisa menggunakan ini, seperti di Bali kami sudah menerapkan. Kalau di sana Paprica, luar biasa hasilnya,"jelasnya.

"Kita juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias. Sudah di hasilkan beberapa jenis bunga yg warnanya lebih bagus dan tanamannya lebih gemuk,"lanjutnya.

Menurutnya, mutasi Radiasi yaitu proses perubahan genetika atau DNA yang kemudian di ubah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan karakteristik yang lebih baik.

"Misalkan padi di Jawa Barat, di Cianjur. Itu sudah kami perbaiki karakteristiknya, sehingga panen yang di hasilkan menjadi lebih banyak. Wanginya masih ada, rasanya masih sama, hanya saja pendek. Di alam juga sebenarnya terjadi radiasi, namun lama. Sehingga dengan radiasi ini kita sifatnya mempercepat,"Jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait