Pemkot Bandung, Berikan Hak yang Sama Bagi Kaum Difabel



Bandung, Beritainspiratif.com - Walikota Bandung Oded M Danial memastikan Pemerintah Kota Bandung memberikan akses yang luas bagi kaum difabel untuk memperoleh haknya.

Salah satu upaya untuk memastikan hal tersebut Kota Bandung membentuk Tim Rehabilitasi Bersumber daya Masyarakat (RBM) bagi penyandang disabilitas.

Oded sapaan akrabnya mengatakan, RBM dibentuk sebagai wujud komitmen pemerintah memberikan akses seluas-luasnya kepada para difabel terhadap seluruh kebutuhannya.

"Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga lapangan kerja. Dari sinilah peran pemerintah melindungi dan memfasilitasi para difabel untuk terus berkarya,"ujar Oded usai melantik Tim RMB di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (17/1/2019).

Lanjut Oded, RBM merupakan organisasi berbasis masyarakat yang akan menjadi fasilitator bagi difabel di Kota Bandung.

Selain itu, perlindungan terhadap para difabel tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat. Oleh karena itu, RBM melibatkan berbagai unsur masyarakat terutama komunitas peduli difabel.

"Kita optimis bisa tetap menyediakan fasilitas penunjang bagi disabilitas sehingga kota inklusi tetap terwujud dengan sebenar-benarnya,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait