Pemkab Majalengka Canangkan Program 1 Juta Masker, Untuk Pencegahan Covid-19



Majalengka, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kabupaten Majalengka berhasil mengumpulkan sedikitnya 328 ribu masker yang berasal dari sumbangan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Majalengka, dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang ada di Majalengka, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Pengumpulan masker sendiri dilakukan di lapangan tenis Pemkab setempat dan dihadiri langsung pimpinan OPD serta tamu undangan lainnya, Jum'at (17/4/2020).

Selain masker, Pemkab Majalengka juga membagikan alat kesehatan (alkes) seperti 30 kursi roda, tangan palsu, 22 kaki palsu yang diperuntukan bagi kaum disabilitas yang ada di Majalengka.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi menyampaikan bahwa pihaknya menghaturkan terima-kasih atas kesalehan sosial yang ditunjukkan oleh semua pihak, yang telah berbagi rezeki di tengah pandemi Covid-19 yang melanda sedikitnya 200 negara di dunia.

"Program penggalangan masker ini untuk mempersenjatai masyarakat dalam menyelamatkan nyawa dalam menghadapi serangan Covid-19 di Majalengka,"ujar Karna dalam sambutannya.

Menurut Karna, masker hasil gotong royong ini rencanannya akan diberikan langsung kepada masyarakat di akar rumput melalui kecamatan, pemerintah desa dan RW maupun RT.

"Penduduk Majalengka ada 1,3 juta.Mudah-mudahan sumbangan masker ini bisa mencukupi buat penduduk Majalengka,"paparnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sangat terbuka terhadap kritikan dalam penanganan Covid-19 dari masyarakat, namun alangkah baiknya jika yang memberikan kritik itu memberikan juga bantuan bagi masyarakat.

"Kita terus berupaya maksimal dalam penangan Covid-19, sejak siaga darurat sampai saat ini tanggap darurat sesuai prosedur dan protokol kesehatan,"ucapnya.

Dikatakan dia, ada persoalan penting dalam Covid-19 ini, selain penanganan yang menjadi sorotan, masalah lainnya dalam mengantisipasi ribuaan pemudik dan dampak Covid-19 sendiri.

"Semua ini akan kita antisipasi kedatangan 34 ribu pemudik yang sudah berdatangan ke Majalengka. Termasuk masalah meningkatnya angka kemiskinan dan jumlah warga miskin baru," paparnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka Agus Permana menambahkan, saat ini masker yang diterima berasal dari sumbangan OPD, Baznas, BUMD, CSR perusahaan, LSM, ormas, pelajar, serta elemen masyarakat lainnya.

"Sampai sore ini tercatat ada 328 ribu masker. Kemungkinan ini akan terus bertambah dan target kita sesuai program pak bupati adalah satu juta masker, "ungkapnya.

Yones

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta