Pemkab Indramayu Raih Maturitas SPIP Level 3

Indramayu, Beritainspiratif.com – Pemkab Indramayu meraih penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Dengan pencapaian ini maka sistem pengendalian intern pada Pemkab Indramayu semakin baik.

Penghargaan diterima langsung Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat, Jum’at pagi (06/12/2019) di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Taufik Hidayat mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari pengendalian intern yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan diselenggarakan secara menyeluruh.

Dengan diraihnya Maturitas SPIP Level 3 maka Pemkab Indramayu terus berproses untuk menuju segala perbaikan dan kualitas pengawasan intern kualitasnya semakin meningkat.

“Secara bertahap kualitasnya akan kita tingkatkan. Setiap level ukurannya berbeda, kita ingin terus mengalami peningkatan agar progres setiap tahun terlihat,” tegas Taufik.

Sementara itu Inspektur Kabupaten Indramayu, Didi Kusmulyadi mengatakan, level SPIP dalam sistem pengawasan intern teridiri dari 0 sampai 5. Setiap levelnya memiliki makna dan karakteristik yang berbeda.

Pemkab Indramayu telah sampai level 3 yang artinya telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik.

Didi menambahkan, dalam penilain maturitas terdiri dari 5 unsur yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. (Yones)

Bagikan: