Pemkab Indramayu Kembali Raih Jabar Digital Award

Indramayu, Beritainspiratif.com – Pemerintah Kabupten Indramayu kembali mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai kabupaten yang mengimplementasikan teknologi digital tata kelola pemerintahannya. Apa yang dilakukan oleh Pemkab Indramayu ini sebagai langkah menuju e-government sesuai dengan gerak pemerintah pusat yang telah menerapkan e-government.

Dalam penilain yabg dilakukan oleh tim independen yang berasal dari ITB, Indramayu dinilai memiliki komitmen dalam melaksanakan, mengintegrasikan, mengelola, dan mengevaluasi tata kelola data serta informasi dengan baik yang didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni sesuai dengan prosedur yang terkait dengan layanan digital. Atas kinerjanya itu, Kota Mangga meraih kategori sebagai kabupaten Best Information And Data Readiness.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Setiaji kepada Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat yang diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indrmamayu, Aan Hendrajana dalam acara Jabar Digital Award 2019, Jum’at (06/12/2019) di Trans Luxury Bandung.

Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, saat ini Pemkab Indramayu terus berkomitmen umtuk melakukan reformasi birokrasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada publik yang lebih cepat, efektif, dan efisien. Saat in yang tengah dijalankan adalah menerapkan konsep smart city yang diyakini sebagai suatu solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Pemkab Indramayu.

Taufik menambahkan, dengan penghargaan ini diharapkan perangkat daerah di Kabupaten Indramayu segera beralih ke sistem pemerintahan digital dalam menjalankan aktivitasnya terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Selain itu juga, perangkat daerah harus siap dalam penyajian data dan penyebarluasan informasi pembanguan daerah di perangkat daerahnya masing-masing.

“Kami harap penghargaan ini bisa memotivasi perangkat daerah di Indramayu untuk terus berinovasi dan melakukan terobosan dalam hal digital government di Kabupaten Indramayu,” tegas Taufik.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana mengatakan, berbagai program sudah disiapkan untuk mendukung smart city dan salah satu yang kini tengah dikembangkan adalah command center yang bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat.

Command center ini bisa dijadikan sebagai bahan monitoring pimpinan terhadap keberlangsungan kierja perangkat daerah. Pasalnya di command center ini akan mengintegrasikan semua aplikasi dalam satu ruangan dan mengetahui situasi Kabupaten Indramayu. (Yones)

Bagikan: