Pemilu 2019, Wagub Jabar : Partisipasi Pemilih Meningkat, Tertinggi Kota Cimahi



Bandung,Beritainspiratif.com - Tingkat partisipasi pemilih di seluruh kabupaten/ kota se Jawa Barat pada Pemilu Serentak 2019, menunjukkan kenaikan cukup signifikan.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzanul Ulum, kenaikannya berkisar antara 6 sampai 16 persen. Tingkat partisipasi tertinggi terdapat di kota Cimahi, dengan partisipasi pemilih 87,6 % menyusul kota Bandung 86 %. Sedangkan kenaikan tertinggi kabupaten di kabupaten Pangandaran.

"Saya bangga dengan hal ini, karena berarti kesadaran masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi semakin meningkat," ujar Uu kepada wartawan usai melakukan video conference dengan 27 kepala daerah kabupaten/ kota se Jawa Barat di Gedung Sate kota Bandung, Kamis (18/4/2019).

Uu mengungkapkan, secara umum penyelenggaraan Pilpres/ Pileg 2019 di Jawa Barat berjalan lancar dan kondusif. Adanya beberapa masalah seperti surat suara yang tertukar di beberapa TPS, dapat diatasi dengan cepat. Sedangkan kasus kotak suara kosong untuk DPR R.I di kota Bekasi, akan menjadi catatan dan evaluasi bagi penyelenggaraan Pemilu mendatang.

"Kini saatnya masyarakat Jawa Barat kembali berbaur dan bersatu, untuk memajukan Jawa Barat juara lahir bathin," harap Uu.

Sementara pada saat video conference, Uu berharap pemerintah daerah bersama aparat Kepolisian dan TNI mengawal ketat pergeseran surat suara dari TPS hingga ke KPU. Hari ini (Kamis, 18/4), surat suara sudah bergeser dari desa/kelurahan ke kecamatan.

"Saya minta pergeseran surat suara dikawal ketat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan," pungkasnya.

[Ida]

Berita Terkait