Pemilu 2019, DPRD Jabar Pastikan Tidak Ada WNA Masuk DPT

Bandung,Beritainspiratif.com – DPRD prov. Jawa Barat memastikan kabar mengenai Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Purwakarta yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres dan Pileg 2019, tidak benar.

Hal itu dipastikan, setelah anggota Komisi I DPRD Jawa Barat mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Selasa (12/3/2019).

Anggota Komisi I Yusuf Puadz mengatakan, akhir-akhir ini banyak beredar isu tentang WNA yang terdaftar dalam DPT pada Pilpres dan Pileg 2019.

Karena itu, perlu ada peninjauan di semua kabupaten/ kota di Jawa Barat. “Kedatangan kami ke Disdukcapil ini, sebagai langkah serius dalam mengantisipasi isu yang mengatakan sejumlah WNA terdaftar sebagai pemilih,” ujarnya.

Komisi I lanjut Yusuf, berupaya memastikan tidak ada WNA di Jawa Barat yang terdaftar sebagai pemilih di Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang.

Sebelumnya, Ketua Komisi I Syahrir juga mendatangi Disdukcapil Kabupaten Cianjur, untuk memastikan kebenaran informasi yang menyebut ada WNA di daerah ini masuk dalam DPT.

“Dengan adanya kasus ini, kita pastikan kebenaran datanya,” ucap Syahrir.

Menurut politisi partai Gerindra ini, berdasarkan informasi dari pihak Disdukcapil, terjadi kesalahan input data oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Salah input NIK, yang seharusnya milik WNA malah jadi NIK warga kita yang didata. Padahal, dari segi registrasi juga berbeda,” pungkas Syahrir.

(Ida)

Bagikan: