Pemilihan Rektor Unpad Akan Dikaji Ulang Oleh Majelis Wali Amanat (MWA)



Bandung, Beritainspiratif.com – Proses seleksi Rektor Unpad yang telah berlangsung sekitar tiga bulan lalu, dan berbagai tahapan telah dilakukan hingga akhirnya terjaring tiga calon rektor baru masing-masing yaitu Aldrin Herwany, Atip Latipulhayat dan Obsatar Sinaga.

Berdasarkan agenda bahwa penetapan Rektor Unpad periode 2019-2024 akan dilakukan, Sabtu (27/10/2018) hari ini. Namun hal itu batal dilakukan, karena Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad akan mengkaji ulang proses seleksi yang telah dilakukan.

"Pertama kami sampaikan bahwa dalam proses ini sampai dengan tadi rapat pleno ada dinamika dari proses pemilihan rektor ini. Dinamika ini kami sikapi dengan kemungkinan harus melakukan perbaikan dari proses (seleksi)," kata Ketua MWA Unpad Rudiantara, saat menggelar konferensi pers, di Gedung Magister Manajemen Unpad, Kota Bandung, Sabtu (27/10/2018) yang dilansir dari laman resmi Unpad.

Dia menjelaskan, pengkajian ulang tahapan seleksi akan dilakukan hingga dua minggu ke depan. Pihaknya akan menampung semua masukan dan memperbaiki proses seleksi agar bisa menghasilkan pemimpin Unpad yang baik.

"Karena ada review dari proses mungkin akan ada perubahan proses, nah sekarang sedang dilakukan review atas proses itu sendiri berdasarkan masukan dari stakeholder utama," ucapnya.

Dia menegaskan, perbaikan proses seleksi ini bukan untuk mengundur penetapan Rektor Unpad. Namun dia ingin proses seleksi ini berjalan baik, transparan serta tidak ada kecacatan.

Selain itu, penundaan ini juga tidak menyalahi aturan. Berdasarkan statuta Unpad nomor 51 penetapan rektor baru ini dilakukan maksimal tiga bulan sebelum masa jabatan rektor berakhir.

"Masa berakhir jabatan rektor 13 April 2019. Selama-lamanya penetapan (rektor baru) bulan Januari tanggal 13 kita sudah menetapkan rektor untuk periode 2019-2024," katanya.  (Yanis)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta