Pemilihan Anggota BPD di Bungko Cirebon, Digelar Seperti Pemilu

Cirebon,Beritainspiratif.com – Pemilihan anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) biasanya dilaksanakan dengan cara musyawarah mufakat, namun berbeda di Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon dimana pelaksanaan pemilihan anggota BPD dilaksanakan dengan sistim Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber).

Proses pemilihan anggota BPD dimulai dari penjaringan yang dilakukan oleh panitia, kemudian calon yang dianggap lulus kemudian disosialisasikan kepada masyarakat.

Layaknya pemilihan anggota legislatif pada pemilu, calon anggota BPD menggelar kegiatan sosialisasi atau kampanye guna menyampaikan visi misi nya manakala terpilih menjadi anggota BPD.

Dari 5 dusun yang ada di desa Bungko, buat 4 Dapil untuk memilih anggota DPD, dari masing-masing Dapil nanti akan dipilih 2-3 orang yang akan menduduki jabatan anggota BPD.

Kepala desa (Kuwu.red) Desa Bungko, H Moch Carkim, saat ditemui Beritainspiratif.com, Rabu (7/8/2019) mengatakan, Pemilihan anggota BPD periode 2019-2025 dengan sistim Luber ini adalah salah satu cara pihaknya untuk mengajarkan demokrasi kepada masyarakat desa Bungko.

“Desa Bungko berada di ujung perbatasan Kabupaten Cirebon dan Indramayu, namun dalam hal demokrasi, kami melaksanakan nya dengan demokratis seperti pemilihan anggota BPD ini,” ujar Carkim.

Dikatakan Carkim, dari jumlah jiwa sebanyak 6 ribu orang ini, dibutuhkan sekitar 9 anggota BPD, untuk itu disepakati pelaksanaan pemilihan anggota BPD dilaksanakan dengan sistim Luber bukan musyawarah mufakat seperti biasanya.

“Ini baru pertama kami lakukan, dan kami berharap sistim pemilihan secara Luber ini bisa dilaksanakan di desa-desa lain di Kabupaten Cirebon,” katanya.

Dijelaskan Carkim, dari hasil pemilihan ini nanti akan mewakili masyarakat di dusunnya untuk bersama-sama membangun desa bersama pemerintah desa dan masyatakat.

“Pemilihan ini bukan ajang untuk mencari pemenang, tapi sebagai penyemangat dalam rangka memajukan desa bungko sesuai dengan visi yakni Bungko Adem Sejahtera,” terangnya.

Carkim berharap kepada BPD yang terpilih untuk bisa bersinergi dengan Pemerintah desa untuk kemajuan bersama.(Dekur)

Bagikan: