Pemerintah Upayakan Budaya Asli Indonesia Tidak Hilang Arah

Jakarta, beritainspiratif.com – Kebudayaan Indonesia dinilai semakin hilang arah, hal tersebut terlihat dari semakin lunturnya nilai-nilai karakter bangsa, untuk itu Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama pejabat pemerintah daerah saat ini tengah gencar dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia.

Memajukan kebudayaan tidak hanya melalui upaya pelestarian kebudayaan, tapi juga bisa diupayakan melalui pemberdayaan sumber daya manusianya. Salah satunya lewat mengajarkan kesenian-kesenian asli Indonesia di sekolah.

Kalau ketahanan budaya kita kuat, generasi muda kita akan dengan sendirinya memperlihatkan sikap keindonesiaan mereka. Maka dari itu, marilah kita bawa kembali kesenian asli Indonesia ke sekolah-sekolah kita,” ucap Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Farid Hilmar usai menggelar rapat koordinasi nasional di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (31/7/2018) yang dilansir detiknews.com

Hilmar juga mengajak para kepala daerah yang hadir dalam rakornas untuk mulai menguatkan pijakan kebudayaan bangsa melalui upaya ketahanan budaya yang saat ini diketahui semakin lemah.

Strategi memajukan kebudayaan masih dalam proses perangkuman, dan diharapkan pada tanggal 20 Agustus ini selesai, dan selanjutnya akan dibawa ke provinsi. Di provinsi, diharapkan akan selesai pada 5 Oktober dan selanjutnya dibawa ke kementerian yang akhirnya akan menghasilkan strategi pemajuan kebudayaan.

Lebih lanjut, naskah strategi tersebut akan dibawa ke Presiden yang untuk ditetapkan menjadi Peraturan Presiden (perpres) tentang strategi kebudayaan. Diharapkannya bila lancar, maka akan berlanjut pada Kongres Kebudayaan yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 November hingga 2 Desember mendatang.

Sementara itu, saat ini dikatakan Hilmar, sudah ada 19 kabupaten/kota yang siap untuk proses pemajuan kebudayaan ini dari 519 kabupaten/kota di Indonesia dimana salah satunya adalah Yogyakarta.
Yanis

Bagikan: