Pemerintah Kota Bandung Siap Bantu KPU Sukseskan Pilpres dan Pileg



Bandung, Beritainsfiratif.com -
Pemerintah Kota Bandung dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung siap menyambut Pemilihan Persiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17:April 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Bandung Suharti meminta bantuan kepada Oded untuk menyediakan sejumlah kebutuhan untuk Pilpres dan Pileg. 

Suharti mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan keamanan di 7.103 Tempat Pemungutan Suara (TPS), setidaknya butuh 14.206 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja," ujar Suharti.

Selain itu, lanjut Suharti pihaknya juga membutuhkan setidaknya 50.000 orang untuk menjadi Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh TPS. Karna tidak mudah untuk menggaet KPPS.

"Ada beberapa kelurahan yang sulit untuk mendapatkan KPPS. Alasannya karena adanya potensi gugatan dan anggapan pemilu yang berkualitas," jelas Suharti.

Satu hal yang tak kalah penting adalah ketersediaan gudang untuk penyimpanan kotak suara, tidak semua kecamatan memiliki tempat penyimpanan yang memadai.

"Kebanyakan aula-aula kecamatan itu sempit, jadi kita kekurangan tempat untuk menyimpan ribuan kotak suara," paparnya.

Setiap TPS akan mendapatkan lima kotak suara, terdiri dari pemilihan presiden/wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kota/kabupaten. Dalam satu kecamatan, rata-rata terdapat 300-400 TPS.

"Bayangkan, kalau yang 400, itu berarti ada 2000 kotak suara yang harus diamankan,"katanaya.

Sementara itu, Walikota Bandung, Oded M Danial menginstruksikan kepada jajarannya untuk menginventarisasi kebutuhan gudang, termasuk penganggaran untuk sewa gudang bilang memungkinkan. 

"Itu harus kita bantu," tegas Oded.

Perlu diketahui, Pemkot Bandung telah memberikan hibah kepada KPU Kota Bandung senilai Rp1,2 miliar untuk berbagai kebutuhan.

(Mugni)

Berita Terkait