Pemdes Wanakaya, Kabupaten Cirebon Persatukan Warga Lewat Adat



Cirebon,Beritainspiratif.com - Pasca Pemilihan Kepala desa serentak di beberapa desa, kondisi di beberapa desa biasanya mengalami perubahan, seperti kebersamaan dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tidak terjadi di desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Untuk kembali mempersatukan masyarakat, Pemerintah desa menggandeng seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan adat yakni ngunjung dan sedekah bumi.

Ditemui beritainspiratif.com, Senin (25/11/2019) Pj Kepala Desa, Wanakaya, Abdul Kodir, mengatakan, setiap desa yang mengadakan pemilihan kepala desa situasi desa berubah, seperti kebersamaan dan masalah lainnya, untuk itu pihaknya berupaya untuk mengubah mindset (pola pikir.red).

"Dengan momentum ngunjung dan sedekah bumi yang biasa kami laksanakan seperti tahun ini, jadi momentum untuk kembali mempersatukan masyarakat desa yang awalnya terbelah karena proses politik yakni pemilihan kepala desa," katanya.

Dikatakan Kodir, dalam kegiatan ngunjung dan sedekah bumi, para calon Kuwu diajak oleh pemerintah desa Wanakaya untuk berziarah langsung ke makam Sunan Gunung Jati, yang tidak jauh dari desa Wanakaya.

"Tidak hanya calon Kuwu yang kami ajak ziarah kubur, tapi juga para pendukung, dan juga tokoh masyarakat, ini dilakukan sebagai upaya agar masyarakat juga bisa segera menyelesaikan perselisihan terkait pemilihan kepala desa," katanya.

Kodir berharap dengan bersatunya kembali calon kepala desa yang bertarung pada pemilihan kepala desa, masyarakat juga akan mengikuti langkah tersebut dan kembali bersamaan untuk membangun desa Wanakaya kearah yang lebih baik lagi.

"Untuk acara ngunjung dan sedekah bumi ini juga kami mengadakan berbagai kegiatan seperti pentas kesenian wayang dan sandiwara," tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait