Pemda Kota Cirebon Dorong Nelayan Jual Ikan Di TPI

Cirebon, Beritainspiratif.com– Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terus berupaya mendorong para nelayan agar menjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sesuai aturan yang berlaku.

Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu konversi mesin kapal nelayan yang berasal dari Pemerintah Pusat karena dipastikan mampu memangkas biaya produksi nelayan.

“Kota Cirebon dapat 17 konverter kit, dan 3 alat traktor, semoga ini bisa memangkas ketergantungan terhadap tengkulak,” kata Penjabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik, Kamis (17/05).

Dedi menilai ketergantungan nelayan terhadap tengkulak karena besarnya kebutuhan modal, maka dari itu jika bantuan konverter kit dari Kemenristek mulai digunakan nelayan dan memangkas biaya operasional, maka ketergantungan kepada tengkulak juga bisa berkurang.

 

“Bantuan datang dari pusat, tapi dalam hal ini Pemda Kota Cirebon berkontribusi dalam hal pembinaan nelayan,” ujarnya.

Rukun Nelayan Pesisir Kota Cirebon, Sadikin menyambut baik adanya bantuan konverter kit dari Pemerintah Pusat dan pembinaan dari Pemda Kota Cirebon.

“Mesin yang sekarang digunakan memakai bahan bakar yang aturannya sulit, jika pakai gas tentu akan lebih mudah,” tuturnya.

  • (Yones)
Bagikan: