Pemda Kota Cirebon Akan Perkuat Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas



Cirebon, Beritainspiratif.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terus berupaya untuk memperkuat pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas. Keterampilan dan pendekatan humanis diutamakan, karena mereka yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH, usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke 100, Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke 57 di Lapangan Pataraksa, Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa, 12 Maret 2019. “Dalam lima tahun ke depan, kita akan berupaya untuk memperkuat Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas di Kota Cirebon,” ungkap Azis. Perkuatan ini diperlukan, karena mereka yang selama ini langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Namun Azis mengingatkan agar profesionalitas dan keterampilan masing-masing anggota ditingkatkan. Khusus untuk Satpol PP diminta untuk melatih anggotanya dengan baik sehingga bisa melakukan penertiban di Kota Cirebon dengan lebih humanis. Sedangkan untuk pemadam kebakaran diminta untuk mengikuti pelatihan khusus. Sehingga ada minimal satu orang yang terlatih di masing-masing regu.

“Karena tugas pemadam kebakaran itu berat, terkait dengan nyawa. Sehingga harus mendapatkan pelatihan khusus,” ungkap Azis.

Sementara itu menyinggung adanya penandatanganan kesepahaman atau MoU antara pemadam kebakaran Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan ditambah dengan Kabupaten Brebes, Azis pun menyambut baik. “MoU lintas daerah ini menujukkan antara satu daerah dengan lainnya saling berhubungan,” kata Azis.

Yang terpenting, masing-masing daerah sadar, jika upaya pertolongan yang harus dikedepankan, terutama jika terjadi kebakaran. “Kita sama-sama sadar, siapa yang terdekat itu yang melakukan pertolongan. Tanpa dibatasi oleh wilayah,” kata Azis. Dengan adanya kesepahaman tersebut, berarti pelayanan kepada masyarakat yang lebih diutamakan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Drs. Adam Nurudin, MM, mengungkapkan jika pemadam kebakaran Kota Cirebon saat ini sudah memiliki 7 armada. “Insya Allah bulan depan ditambah 2 armada lagi,” ungkap Adam. Kekuatan personil mereka pun mencukupi, bahkan mereka mendapatkan juara dua dari segi kompetensi dan keterampilan pemadam kebakaran yang diikuti oleh pemadam kebakaran Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, kabupaten Indramayu dan Kabupaten Brebes.

(Yones)

Berita Terkait