Pembatalan Tiket KA Dapat Dilakukan Online Melalui Aplikasi KAI Access



Bandung, Beritainspiratif.com - Terhitung sejak Senin (23/3/2020) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung melakukan pengurangan jadwal perjalanan kereta api, dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, ada
7 kereta api yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23-31 Maret 2020. Disamping itu terdapat 4 kereta api yang relasinya diperpendek, menjadi berangkat dan berakhir di Bandung.

"Dengan penyesuaian perjalanan KA tersebut, penumpang masih bisa memanfaatkan perjalanan KA lainnya yang masih tersedia jika memang harus tetap melakukan perjalanan," kata Noxy dalam rilisnya, Jum'at (27/3/2020).

Noxy menuturkan jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100% atau full refund.

Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.

“Kebijakan pengembalian penuh ini kami terapkan juga untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat, yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah,” ujarnya.

Secara total dikatakannya terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga 26 Maret 2020, sekitar 22.000 tiket untuk keberangkatan s.d 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun maupun jalur online.

"Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, calon penumpang dapat melakukan pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access.

“Beli tiket dimanapun, misalkan pembelian melalui stasiun atau channel penjualan lainnya, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Yang terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket,” tegas Noxy.

Ia menambahkan pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

Untuk itu calon penumpang harus memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, agar dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%.

Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut.

Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat lima stasiun di wilayah Daop 2 Bandung yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh yakni di Stasiun Bandung, Banjar, Kiaracondong, Purwakarta dan Tasikmalaya.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121

(Ida)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta