Peluang Mahasiswa Berbisnis Selagi Muda, Tidak Mesti Menunggu Gelar

Malang, Beritainspiratif.com – Muda dan kaya raya adalah 2 hal yang pasti menjadi impian besar bagi mahasiswa. Di pikiran mahasiswa pasti tidak jauh dari bagaimana mereka bekerja dan mendapatkan uang. Namun, di sisi lain, mahasiswa selalu berfikir untuk berbisnis setelah lulus kuliah. Itulah yang menjadikan sumber daya manusia rendah akan pengalaman bekerja. Karena pada dasarnya, pada pekerjaan yang dituntut adalah pengalaman.

Tidak ada kata terlalu muda untuk pembisnis memulai usaha. Kalaupun sudah memiliki kompetensi dan skill yang cukup, mengapa tidak dari sekarang untuk memulai?.

Bahkan pengusaha-pengusaha di negeri seberang dan di belahan dunia mayoritas adalah pengusaha yang mempunyai umur cukup muda. Dan pengusaha muda yang kebanyakan dicari karena memiliki potensi yang cukup, pemikiran-pemikiran yang luas dan power yang lebih dalam mengelola bisnis.

Winda Ayuningtiyas, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang Program Pendidikan sarjana (S-1) pada Program Studi Manajemen, mengungkapkan melalui tulisan yang disampaikan kepada Beritainspiratif.com, pada Jum’at, (21/12/2018), bahwa bagi mahasiswa sendiri, memulai bisnis adalah suatu tantangan yang harus dijawab sebagai modal untuk memperoleh prestasi dan pembuktian diri akan pencapaian kepada orang-orang terdekat. Bahwa sebagai mahasiswa yang menuju dewasa muda bisa membuktikan akan kemandirian dan berkontribusi secara positif pada kualitas diri meskipun dalam sekala yang kecil, ungkapnya.

Biasanya dalam memulai bisnis banyak akan rintangan, seperti dianggap memiliki keputusan bodoh dan reaktif, hal itu bisa dianggap sebagai sarana untuk mencari pengalaman. Pembisnis muda tidak jarang melakukan kesalahan karena minimnya pengetahuan dan itu juga dapat digunakan sebagai pelajaran untuk perbaikan ke depannya.

Dewasa muda memiliki ketertarikan akan sesuatu dan mencoba menghadapi dunia baru, mencoba hal yang baru dengan antusiasme dan kenaifan mereka. Segalanya dikerjakan dengan gairah dan semangat, hal tersebut yang membuat mereka pantas untuk memulai bisnis di usia yang masih muda, tuturnya.

Banyak kelebihan mahasiswa atau dewasa muda yang dapat dijadikan peluang dalam berbisnis selagi muda, seperti:

1.Cepat pulih dari kegagalan
Ketahanan untuk segera pulih dari kegagalan membuat mereka pantas menjadi pembisnis muda. Mereka lebih memilih berjalan di jalanan yang sulit daripada cepat menyerah karena pernah gagal sebelumnya.

2.Bagian terbaik dari kehidupan di masa depan
Mampu melihat potensi untuk mengubah dunia sebagai pengalaman yang hebat. Mereka pernah mengendalikan bisnisnya sendiri dan sudah profesional untuk mengelola bisnis kedepannya.

3.Fokus besar dalam mengerjakan bisnis
Tetap pada pekerjaan yang dianggap santai namun tetap memiliki fokus yang besar untuk setiap pekerjaan yang ingin dicapai.

4.Optimisme yang tidak terbatas
Selalu memiliki keyakinan bahwa mereka mampu fokus seharian untuk mencari solusi , ide-ide baru dan menyelesaikan masalah dengan kemampuan mereka.

5.Berani berpikir berbeda
Inovasi dan pandangan yang baru bagi pembisnis muda. memiliki ide dengan kesan yang aneh tetapi mampu membawa usaha menjadi lebih berkembang dan tumbuh.

6.Mudah beradaptasi
Kemajuan teknologi dengan adanya gadget yang selalu membawa anak muda pada dunia yang sempit dan sulit untuk beradaptasi. Peluang bisnis membuka anak muda untuk bepikir terbuka dan menemui budaya baru yang mereka temui.

7.Kepuasan bukan sekedar materi
Uang salah satu tujuan utama mereka tetapi tujuan lain adalah dapat menjalin sebuah hubungan, menjalin aktivitas dengan teman-teman baru.

Selain itu, ungkap Winda, merintis bisnis selagi muda tentunya juga akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Dan pastinya dalam memulai usaha terdapat kesulitan-kesulitan tentang apa yang harus dimulai terlebih dahulu. Adapun cara bagi mahasiswa dalam menjalankan bisnis selagi muda, yaitu:

1.Mengetahui tujuan awal berbisnis dengan melakukan apa yang disukai
Memilih ide bisnis dengan kesukaan akan tetapi tetap konsisten pada tujuan awalnya.

2.Memperluas jaringan kerja dan memanfaatkan dunia maya
Tidak memungkinkan untuk menjalankan bisnis secara individu, kebanyakan para pembisnis menggaet orang lain untuk menjadi partner bisnis. Biasanya mahasiswa mengajak partner bisnis di berbagai bidang hingga di luar universitasnya sendiri. Serta memanfaatkan teknologi atau media sosial yang sedang memiliki banyak penggunanya.

3.Memiliki keberanian
Masalah yang selalu mempengaruhi mahasiswa dalam berbisnis adalah hambatan nyali. Kebanyakan selalu membandingkan pengusaha yang lebih sukses dan mengedepankan gengsi.

4.Modal
Sering dikatakan, memulai bisnis agar sukses harus mempunyai modal yang banyak. Tidak mengaruskan untuk memiliki modal yang banyak, dengan ketiga langkah di atas bisa terpenuhi, bisnispun akan berjalan sendirinya karena modal awal sebenarnya dalam berbisnis adalah diri sendiri.

Kebanyakan pembisnis muda memulai dengan bisnis kecil seperti gerai makanan, kafe yang minimalis, hanya membuka gerai setiap ada event tertentu, membuat brand untuk minuman atau makanan dan sekarang yang sedang banyak yang diminati adalah berlomba-lomba membuka franchise atau waralaba. Waralaba sendiri adalah usaha yang memberikan manfaat dan hak kekayaan serta ciri khas usaha yang dimilikinya pada orang lain. Banyak mahasiswa yang lebih memilih franchise karena modalnya yang tidak terlalu banyak.

Berbisnis selagi muda bagi mahasiswa juga banyak keuntungan yang di dapatkan, yaitu:

1.Mahasiswa lebih profesional dalam membagi waktu
Karena mahasiswa adalah masa dimana tugas-tugas membebani dan banyak menguras waktu sehingga mahasiswa kesulitan dalam me-manaj waktunya.

2.Beban ekonomi masih rendah
Membayar biaya kuliah itu tidak sedikit. Dengan berbisnis, dapat mengurangi beban orangtua.

3.Jaringan pertemanan semakin luas
Bisa mulai menambah kenalan baru dalam hal kerjasama ataupun bertukar ide dalam bisnis dapat menambah relasi.

4.Lebih menguasai teknologi
Lebih siap untuk menghadapi perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang serba memanfaatkan teknologi.

5.Memupuk kepercayaan diri
Menghasilkan keuntungan dan terkenal di masyarakat, menjadikan kepercayaan diri meningkat.

6.Jaminan di hari tua
Pembisnis muda yang sukses dan berhasil, tentu akan mempunyai banyak penghasilan yang dapat ditabung dan diinvestasikan di hari tua.

Ditambahkan Winda, Hidup yang berarti adalah hidup yang membawa kemanfaatan bagi orang lain. Berbisnis selagi muda banyak membawa kesempatan, baik kesempatan kerja untuk orang lain atau kesempatan untuk menyebarkan nilai positif pada orang lain, katanya.

Lebih lanjut, membangun bisnis selagi muda bukan hanya soal menghasilkan banyak uang. Tapi bagaimana bisa memanfaatkan kemampuan yang dimiliki demi memberikan nilai baik pada orang lain. Tidak perlu menunggu lulus dan mendapatkan gelar kalau memulai bisnis dari sekarang itu bisa, pungkasnya.

(Yanis)

Bagikan: