Pelayanan Posyandu “Strawberry” RW 13 Sukamiskin Dikemas Secara Terpadu

Bandung, Beritainspiratif.com – PKK sebagai lembaga kemasyarakatan mitra kerja pemerintah memiliki tugas membantu pemerintah desa/kelurahan dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Sedangkan Posyandu adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya, dibawah bimbingan petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Arcamanik.

Dalam menjalankan peran tersebut Pengurus PKK yang berada di lingkungan RW 13 Sukamiskin, Kota Bandung menggelar pertama kali Posyandu yang dikemas secara terpadu melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak, dan digelar di Balai RW 13 Sukamiskin Jalan Atletik II No.25 Bandung, Selasa (9/10/2018)

Untuk ruang di dalam Balai RW digunakan untuk kegiatan Posyandu, diteras untuk kegiatan penyuluhan kesehatan, di jalan kita pasang tenda untuk warga yang hadir dan di sampingnya ada booth-booth minuman kesehatan.

Acara diawali dengan sambutan pembukaan oleh Ketua RW 13 Sukamiskin Yayan Istiandi. Dalam kesempatan itu Yayan menyampaikan pesan bahwa acara ini sengaja dikemas sedemikian rupa sehingga akan lebih bervariasi dan diharapkan akan lebih banyak lagi pengunjung / warga yang datang baik untuk penimbangan bayi di posyandu Strawberry maupun penyuluhan kesehatan.

” Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan baik untuk menimbang bayi maupun penyuluhab kesehatan,” kata Yayan.

Ditambahkannya acara ini digelar melalui kerjasama dengan berbagai pihak antara lain Klinik Mitra Medik, puskesmas kecamatan dan pihak sponsor di bidang kesehatan seperti susu, air obat maupun produk gula jagung, yang turut memberikan doorprize.

Dalam pantauan Beritainspiratif.com hadir dalam acara ini, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, S.Pd. Ketua dan Pengurus RW 13 Sukamiskin, Pimpinan Klinik Mitra Medik Anwar bersama 3 orang dokter muda, petugas Puskesmas Kecamatan Arcamanik, Ketua PKK Kelurahan Sukamiskin, Ketua dan Pengurus/Kader PKK RW 13 Sukamiskin serta seluruh warga RW 13 Sukamiskin.

“Alhamdulillah Antusias wargapun untuk hadir sangat membanggakan, selain peningkatan jumlah ibu yang mengantarkan bayinya untuk didata/ditimbang meningkat menjadi 20 bayi dari semula 6 bayi”, ujar Lilis Iriani Ketua PKK Kelurahan Sukamiskin saat meninjau langsung kegiatan penimbangan bayi di Posyandu Strawberry RW 13 sukamiskin.

Lurah Sukamiskin Farida Agustini dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PKK RW 13 Sukamiskin yang melihat warga RW 13 begitu antusiasnya hadir mengikuti kegiatan Posyandu dan penyuluhan kesehatan.

Farida menambahkan, selain sebagai tugas PKK berharap juga kegiatan ini sebagai ajang sillaturahmi antar warga dengan penuh cinta, membuat warga lebih saling kenal yang pada gilirannya warga dapat saling mengisi , dengan cinta kita bisa gapai prestasi, kuat, maju dan sehat.

“Disarankan juga untuk RW 13 untuk menyiapkan sumur resapan, biopori dan pengelolaan sampah yang dipilah antara sampah organik dan non organik”, Ujar Farida

Sementara itu, Pimpinan Klinik Medika menyampaikan bahwa kita sudah melayani pasien BPJS. “Jika warga RW 13 memiliki Askes atau BPJS silahkan berobat ke Klinik Medika,” ujarnya.

“Selain itu Klinik Medika juga melayani Dokter Umum, Dokter Gigi, Bidan, instalasi farmasi, ruang tindakan, home visited dan home care,” tambahnya.

Pada Penyuluhan kesehatan yang mengangkat tema “Penatalaksanaan Hypertensi” disampaikan oleh Dokter Dila dari klinik medika dan warga begitu antusias menyimak uraian yang disampaikan Dokter Dila.

Disampaikannya bahwa faktor risiko hipertensi yang tidak bisa dirubah adalah faktor umur, jenis kelamin dan genetik. Sedangkan faktor resiko yang dapat diubah adalah merokok, diet rendah serat, kurangnya aktivitas fisik, berat badan, stress dan lainnya.

“Solusinya dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup antara lain pola makan lebih banyak buah dan sayuran dibanding daging, mengurangi garam serta rutin berolah raga,” ujar Dokter Dila.

Pada Sessi presentasi hipertensi ini dilakukan tanya jawab yang banyak mendapat antusias dari peserta terutama bapak-bapak, dan bagi hadirin yang bertanya, panitia menyiapkan doorprize dari produik kesehatan.      (Yanis)

Bagikan: