Pelayanan Kesehatan Gratis PT KAI Daop 3 Cirebon Dipadati Penumpang

Cirebon, Beritainspiratif.com – Untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan kepada pengguna jasa kereta api, PT KAI terus melakukan peningkatan pelayanan di bidang kesehatan pada masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru ini.

Pada hari ini, Rabu (25/12) PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api di Ruang Tunggu Stasiun Cirebon. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB.

Adapun jenis pelayanan kesehatan gratis yang diberikan untuk penumpang diantaranya meliputi pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah dan pemeriksaan berat badan. Kegiatan ini disambut positif oleh para pengguna jasa KA.

Terbukti dengan banyaknya penumpang yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan memanfaatkan waktu sembari menunggu kedatangan KA. Sebanyak 107 penumpang melakukan pengecekan kesehatan pada kegiatan ini. Program pemeriksaan kesehatan gratis ini akan di laksanakan secara reguler selama masa Nataru dan bergantian di Stasiun Cirebon maupun Cirebon Prujakan.

Selain itu, untuk menjamin kondisi kesehatan para penumpang baik yang ada di lingkungan stasiun maupun saat dalam perjalanan di atas KA, PT KAI juga menyiagakan petugas kesehatan di beberapa titik pos kesehatan (Poskes) yang ada di stasiun.

Apabila ditemui penumpang dalam kondisi sakit saat di perjalanan, petugas kesehatan KAI akan memantau selama dalam perjalanan KA, dengan sistem estafet dari stasiun ke stasiun yang terdapat pelayanan kesehatannya (Poskes).

Selama angkutan Nataru, Daop 3 Cirebon menyiagakan 4 pos kesehatan diantaranya di Stasiun Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan dan Brebes. Selain itu, PT KAI juga memiliki 3 Klinik Mediska di Jatibarang, Cirebon dan Brebes yang juga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA apabila terdapat penumpang KA yang mengalami sakit / kegawatdaruratan dan harus dirujuk ke rumah sakit.

Selama masa angkutan Nataru ini, unit kesehatan KAI mencatat sebanyak 29 penumpang sakit mendapatkan pertolongan kesehatan dari petugas kesehatan KAI. Berdasarkan laporan petugas, penumpang yang sakit diantaranya karena tersiram air panas saat akan menyeduh mie/teh/kopi, ISPA, Hipertensi, dan Diabetes.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga menghimbau kepada penguna jasa KA untuk memastikan kembali kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Apabila kondisi kesehatan dirasa tidak cukup sehat, para penumpang dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes Stasiun.

PT KAI juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa kursi roda untuk penumpang sakit, lansia maupun difable. Selain itu bagi ibu menyusui, dapat juga memanfaatkan ruang laktasi yang ada di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes. KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kenyamanan, keamanan serta keselamatan untuk para pengguna jasa transportasi kereta api.

Yones

Bagikan: