Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Tinggal Tunggu Jadwal Gubernur

Cirebon, Beritainspiratif.com – Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, hasil Pilkada 2018 kemarin, rencananya akan segera dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada bulan Maret ini.

Pilkada Kabupaten Cirebon sendiri diikuti 4 pasangan calon diantaranya, H Kalinga – Hj Dian Hernawasusanti, H Sunjaya Purwadisastra – H Imron Rosadi, H Racmat – H Yayat Ruhyat dan pasangan Mohamad Lutfi – Nurul Qomar. Pada Pilkada 2018, KPU Kabupaten Cirebon menetapkan pasangan petahana yakni Sunjaya – Imron keluar sebagai pemenang dan berhak untuk dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Rencana bulan Maret ini. SK penetapan sudah siap, tetapi tinggal nunggu jadwal dari gubernur (Jabar) saja, jadwal gubernur itu menyesuaikan dengan kondisi gubernur sendir apakah jadwal gubernur ada di tempat atau tidak,” ujar Kabag Pemerintahan pada Sekertariat Daerah ( Setda) Kabupaten Cirebon, Dodi Mulyono, Selasa (5/3/2019).

Dodi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian kapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon terpilih. Hanya untuk persiapannya mungkin dalam waktu dekat. Teknis-teknisnya belum. “Tapi seragam sudah disiapkan oleh Bagian Umum,” ujarnya.

“Kalau akhir masa jabatan (AMJ, red) sih tanggal 19 Maret ini, ya mudah-mudahan tanggal 19 (Maret) dilantiknya, itu juga kalaupun gubernurnya enggak sibuk atau ya nanti disesuaikan dengan waktu beliau. Pastinya maju waktunya enggak mungkin, kalau enggak pas tanggal 19 ya mundur,” imbuhnya.

Saat disinggung terkait dengan posisi bupati terpilih statusnya sebagai tahanan KPK, bagaimana teknis pelantikanya, Dodi menjelaskan, yang sudah-sudah setaunya nanti pihak dari provinsi meminjam tahanan untuk dilantik terus di nonaktifkan lagi.

“Setelah dilantik wakil bupati jadi Plt dulu, nanti setelah sidang putusan inkrah dan vonis sekian tahun dan yang bersangkutan tidak banding berarti turunlah SK pemberhentian dari gubernur. Otomatis wakil bupati itu naik jadi bupati,” jelas Dodi.

(Dekur)

Bagikan: