Pekan Depan, Pemprov Jabar Gelar Perlombaan Islami

Bandung,Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk pertama kalinya akan menggelar perlombaan membaca Musabaqoh Kitab Kuning tingkat provinsi pada tanggal 10 sampai 13 Desember 2018 di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Hal ini disampaikan Wildan Tidak, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah, Kementerian Agama, Provinsi Jawa Barat pada acara Japri ke-9 di Gedung Sate, Kamis (6/12/2018).

Pada tanggal 10 Desember akan dilakukan registrasi ulang dan technical meeting. Adapun untuk perlombaan inti dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 13 desember 2018 selain lomba baca kitab kuning juga ada lomba pidato bahasa indonesia.

“Lomba pidato bahasa indonesia itu salah satu temanya adalah peran pesantren dalam memberantas hoax, dan merawat keragaman dalam menjaga negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya kepada awak media.

Perlombaan tersebut, memperebutkan sejumlah hadiah yang terbagi ke dalam dua bagian, yang pertama untuk peserta secara pribadi dan bagian kedua untuk yayasan atau pondok pesantren di mana peserta tersebut menimba ilmu.

“Untuk hadiah yang pribadi untuk juara umumnya akan mendapat hadiah umroh dan untuk pesantren itu juara umumnya ada yang dapat satu unit mobil, kemudian ada kendaraan roda tiga juga dan ada juga hadiahnya itu kendaraan roda dua,” jelasnya.

Terkait persyaratan, dikatakan Wildan, para peserta harus membawa berkas berupa foto, rapot, atau surat keterangan dari pesantren.

Sejauh ini, kata Wildan, sudah ada sekitar 8000 peserta yang mendaftar terdiri dari 15 kabupaten/kota di Jawa Barat, pihaknya berharap acara tersebut bisa diikuti oleh semua pesantren di Jawa Barat.

“Sesuai visi misi Provinsi Jawa Barat, kita berharap melalui kegiatan ini visi Jabar Juara Lahir Bhatin bisa tercapai (Perlombaan) ini bagian dari upaya menuju bhatin yang juara,” pungkas Wildan.

(Tito)

Bagikan: