Pegiat Kopi Cianjur Siap Kembalikan Kejayaan Kopi Cianjur



Bandung, Beritainspiratif.com - Sejumlah anak muda di Cianjur terus berupaya meningkatkan kejayaan kopi Cianjur yang sempat tenggelam. Berbagai upaya dilakukan agar kopi Cianjur semakin dikenal oleh masyarakat luas. Hal itu disampaikan salah satu anggota komunitas kopi Cianjur Syahri Ramadhan saat ditemui di booth kopi Jawa Barat Ngopi Saraosna Vol 6 di area Gedung Sate Sabtu (13/10/2018).

"Kita melibatkan semua unsur di situ untuk istilahnya mengembalikan nama besar kopi Cianjur karena udah lama tertidur, kita ini punya ide kesana," katanya saat di temui Beritainspiratif.com.

Terkait upaya - upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kembali nama besar kopi Cianjur, Syahri bersama kawan-kawannya ini, terus mengembangkan komunitas tersebut dan menggandeng juga para petani.

"Sebenarnya kita tergabung dalam Kopi Cianjur Club, segmen petaninya ada komunitas petani kopi Cianjur dan segmen pemudanya ada komunitas kopi Cianjur, nah keduanya saling bersinergi, jadi kopi yang dari petani itu langsung dikirim ke komunitas lalu kemudian disalurkan ke kedai - kedai," jelasnya.

Syahri menambahkan untuk komunitas kopi Cianjur sendiri telah berdiri sejak Juni 2018 awalnya hanya 14 orang dan kemudian berkembang bahkan anggotanya sekarang mencapai 70 orang. Menurut Syahri, hal itu menggambarkan minat pemuda Cianjur terhadap kopi ternyata cukup tinggi.

"Alhamdulilah antusias masyarakat Cianjur terhadap kopi lumayan besar, semoga visi kita yang tadi bisa benar - benar terwujud," ungkapnya.

Selain mengembalikan kejayaan kopi Cianjur Syahri juga berharap dengan sinergitas antar komunitas petani dan komunitas kopi pada umumnya, bisa memperlancar hilirisasi kopi di wilayah Cianjur.

"Semoga hilirisasi bisa selalu lancar, doakan saja, semoga semuanya juga lancar," pungkas Syahril.        (Tito)

Berita Terkait