Peduli Terhadap Sampah Plastik PT Pertamina RU IV Cilacap Catat Rekor MURI



Cilacap, Beritainspiratif.com - Penggunaan sedotan plastik sekali pakai untuk minuman yang digunakan di Indonesia tergolong tinggi di dunia dan telah menjadi ancaman sebagai salah satu penyebab timbulnya sampah yang tidak bisa terurai.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Divers Clean Action diperkirakan pemakaian sedotan di Indonesia, mencapai 93.244.847 batang setiap harinya dan berpotensi menjadi sampah.

Untuk menyikapi timbul banyaknya sampah plastik akibat penggunaan tersebut, perlu digalakkan pemakaian “botol air minum dan sedotan yang tidak hanya sekali pakai saja”.

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap kampanye tersebut, PT Pertamina RU IV Cilacap membagikan 2.412 “botol minuman dan sedotan tahan karat yang dapat dipakai ulang”.

Kegiatan ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan bahan berbahan plastik berulang dan tentunya sangat membantu mengurangi sampah plastik yang tidak terurai.

Dilansir dari laman MURI kegiatan pembagian botol minuman dan sedotan tahan karat yang dapat dipakai ulang tersebut, dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8874 sebagai pembagian botol dan sedotan terbanyak.

Rekor MURI tersebut dicatat atas nama Rekoris : PT PERTAMINA (Persero) RU IV Cilacap, yang telah dilaksanakan di Cilacap, pada (5/3/2019).

(Yanis)

Berita Terkait