Peduli Permasalahan Bangsa, Psikologi UIN Bandung Gelar Muhasabah Akbar



Bandung, Beritainspiratif.com - Merespon banyaknya permasalah di masyarakat Indonesia akhir-akhir ini, Dewan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Bandung menggelar acara evaluasi bersama bertajuk Muhasabah Akbar, hal tersebut diungkapkan ketua pelaksana, Ridwan Santoso, di Aula Abdjan Soelaeman, Minggu, (7/10/2018)

Kegitan yang mengusung tema Optimalisasi Nilai-Nilai Islam dan Psikologi dalam Membangun Akhlak Bangsa tersebut, bertujuan memberi pemahaman kepada mahasiswa pentingnya kepedulian terhadap akhlak bangsa dan problematika sosial.

"Latar belakang dari tema sendiri, karena kita mahasiswa Psikologi UIN Bandung melihat banyak sekali kejadian-kejadian di masyarakat yang bisa dibilang bencana sosial entah itu penyalahgunaan narkoba, kejadian meninggalnya salah satu supporter bola. Kami melihat hal itu merupakan bentuk menurunnya akhlak bangsa sehingga mahasiswa penting membangun dan memperbaikinya kembali," jelasnya.

Lebih lanjut, Ridwan menyampaikan bahwa, berkaitan dengan akhlak atau kepribadian tentu mahasiswa Psikologi punya tanggung jawab yang besar.

"Kita Fakultas Psikologi juga berlandaskan psikologi Islam, karena kita psikoligi berada di kampus Islam, oleh karenanya kami selaku mahasiswa berusaha sadar akan hal itu berusaha untuk meningkatkan kembali, membangun kembali karakter bangsa, minimal melalui mahasiswanya itu sendiri, salah satu caranya dengan kegiatan ini," paparnya.

Terkait rangkaian kegiatan, sebelumnya digelar berbagai perlombaan, yakni lomba puisi, marawis, pidato tiga bahasa, yang diikuti siswa SMA, SMK, dan umum di tingkat Jawa Barat.

"Tujuannya untuk memperkenalkan Fakultas Psikologi kepada masyrakat Jawa Barat khususnya, umumnya semua masyarakat," Pungkas Ridwan.         (Tito)

Berita Terkait