Peduli Pendidikan, PT. Kerera Api Indonesia Hadirkan Program KAI Mengajar



Bandung,Beritainspiratif.com - Selana dua hari pada tanggal 30-31 Oktober 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan program KAI Mengajar di SDN Padasuka 02 dan 03, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Kegiatan KAI Mengajar ini merupakan bentuk kepedulian KAI di bidang pendidikan,” kata VP Corporate Culture and General Facilities KAI, Mateta Rijalulhaq.

Pada program yang baru pertama kali digelar ini, KAI memberdayakan pegawai milenial, untuk terjun mengabdi kepada masyarakat.

Saat ini (per 30 September 2019), jumlah pegawai milenial KAI sebanyak 17.127 orang atau 60,11% dari jumlah total pegawai 28.492 orang.

"Para pegawai yang didaulat KAI sebagai change agent KAI atau agen perubahan tersebut, secara intensif memberikan motivasi dan wawasan seputar perkeretaapian di sekolah-sekolah," ujar Mateta.

Change agent KAI yang terdiri dari tujuh orang pegawai tersebut, secara bergantian memberikan materi antara lain sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, profesi kereta api, serta sejarah dan cinta kereta api.

Selain mengajar, KAI juga memberikan sumbangan berupa alat pendukung sekolah dan buku, melalui program Donasi 1.000 Buku untuk Anak Indonesia kepada SDN Padasuka 02 dan 03 Cikajang, Kab. Garut.

Sementara itu, untuk memeriahkan acara, para siswa kelas 1, 2, dan 3 akan dipilih sebagai bintang kelas, dengan kriteria berani tampil menyanyi, menari, atau membaca puisi.

Sedangkan, untuk siswa kelas 4, 5, dan 6, KAI mengadakan lomba pustakawan cilik dengan menguji kreativitas mereka dalam mendesain taman belajar dan perpustakaan mini.

“Diharapkan pengabdian KAI untuk masyarakat Kabupaten Garut, termasuk di Kecamatan Cikajang ini berguna untuk masyarakat. Kami juga meminta kepada masyarakat sekitar untuk turut menyukseskan program reaktivasi jalur Cibatu – Garut – Cikajang,” ujar Mateta.

Seperti diketahui, KAI akan mereaktivasi jalur kereta api non aktif Cibatu-Garut-Cikajang sepanjang 28,2 km.

Saat ini KAI fokus untuk mengoperasikan rute Cibatu-Garut sepanjang 19,5 km. Pada awal Oktober, sudah dilakukan uji coba rute Cibatu-Wanaraja sepanjang 9,2 km.

KAI menargetkan rute Cibatu-Garut, dapat dioperasikan pada awal 2020. (Ida)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta