Peduli Penderita TBC Paru, Yahintara Bangun Rumah Singgah



Bandung,Beritainspiratif.com - Tuberculosis (TBC), merupakan penyakit paling mematikan ketiga di dunia.

Penyakit ini disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yang menyerang paru-paru dan menyebar lewat udara.

Sebagian besar penderita TBC, tinggal di rumah yang tidak sehat dan tidak layak huni, tanpa ventilasi atau jendela, sehingga sinar matahari tidak masuk kedalam rumah. Padahal, bakteri TBC hanya akan mati oleh sinar matahari.

Atas dasar itu, Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara (Yahintara), tergerak untuk membangun rumah singgah bagi penderita penyakit Tuberculosis (TBC) di kabupaten Garut.

"Awalnya Yahintara mengkampanyekan rumah sehat ke kampung-kampung di Garut. Namun di lapangan, kami menemukan ada keluarga yang dikucilkan, karena menderita penyakit TBC, sehingga kami terdorong untuk membangun rumah singgah," kata Ketua Yahintara Ruli Oktavian di Bandung, Sabtu (26/10/2019).

Rumah singgah ini akan dibangun pada lahan seluas empat tumbak, berlokasi di kampung Pajagalan desa Sukamantri Garut Kota.

"Lahannya disediakan Aisyiyah, organisasi perempuan peduli TBC. Sedangkan desain rumah singgah kami sayembarakan, untuk mendapatkan desain terbaik, dengan biaya murah tapi layak huni dan sehat," ujar Ruli di Bandung, Sabtu (26/10/2019).

Sayembara diikuti 17 peserta dari Lampung, Jawa dan Bali. Tiga peserta yakni dua dari Bandung dan satu dari Medan, masuk nominasi untuk meraih Oky Kuspriyanto Award, salah satu pendiri Yahintara.

Menurut Ruli, biaya pembangunan rumah singgah, diperkirakan sekitar Rp50 juta diperoleh dari para donatur.

"Saat ini dana yang sudah terkumpul Ro14 juta, berasal dari komunitas runner. Ada 50 pelari. Setiap lari satu kilometer, pelari menyumbang Rp10.000," papar Ruli.

Menurut Yati aktivis TB Care Aisyiyah Garut, nantinya di rumah singgah penderita TBC dapat berkonsultasi tanpa harus ke rumah sakit.

"Penderita diisolasi selama 2 bulan minimal dua minggu di rumah singgah, agar bakterinya tidak menyebar," uharnya.

Selama diisolasi, kata Yati, pihaknya akan terus memantau minum obat pasien, karena bila telat, pengobatannta akan lebih lama lagi dengan biaya cukup besar.

"Bila tidak rutin minum obat selama 6 sampai 7 bulan, akan lanjut jadi satu tahun dan penderita TBC setiap hari harus disuntik selama dua tahun," ujarnya.

Sayembara pembangunan rumah singgah bagi penderita TBC ini, mendapat dukungan dari Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI).

Ketua IAI Jawa Barat Budi Yulianto mengatakan dengapn
sayembara, akan dihasilkan model yang terbaik.

"Kita harapkan sayembara ini jadi iklim yang baik, tanpa melihat skalanya tapi hasilnya terkurasi, karena ditentukan secara kolegial bukan karena pendekatan," ujar Budi.

Budi berharap sayembara desain rumah singgah, bukan yang terahir tapi yang pertama dan kedepan akan lebih banyak lagi program sosial seperti ini.

Untuk itu ia menyarankan Yahintara segera membuat nota kesepahaman (MOU) dengan IAI, karena di IAI juga ada Badan Arsitektur berkelanjutan yang didalamnya termasuk pengabdian kepada masyarakat.

"Seandainya bs bekerjasama, pengelolaan sayembara dan sponsorshipnya bisa bersama-sama," imbuhnya.

Budi mengungkapkan
Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil), mempunyai program satu arsitek 10 desa. Karena itu, IAI perlu membicarakan hal ini dengan banyak komunitas, yayasan dsb, yang lebih nengetahui peta di lapangan.

"Pada tahun 2020 mendatang, ada sekitar 30 proyek pemerintah yang akan disayembarakan untuk mengurangi KKN, seraya menambahkan saat ini ada 1.600 arsitek anggota IAI," pungkasnya. (Ida)

Berita Terkait