Peduli Covid-19, Jusuf Hamka Jual Paket Sembako Seharga Rp5 Ribu



Beritainspiratif.com - Pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian Indonesia, salah satu faktornya kurs dollar terhadap rupiah meninggi hingga mencapai 16.000 / $US. Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan seperti belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Virus Corona (Virus Covid 19) ini memberikan dampak yang luar biasa untuk kelangsungan bisnis, termasuk kalangan bawah, khususnya para pekerja di sektor informal dan UMKM.

Kondisi ini telah menggerakkan hati pengusaha muslim keturunan Tionghoa Jusuf Hamka untuk membantu meringankan beban mereka.

Dikutip dari Liputan6.com, Jusuf Hamka membuka warung sembako dadakan dengan harga miring. Dengan hanya membayar Rp 5 ribu, pembeli bisa untuk dapat membawa satu paket sembako yang terdiri dari beras, mie instan, kornet dan teh.

“Kami mensubsidi Rp 25 ribu. Jadi barang yang dijual hanya Rp 5 ribu,” ujar dia, Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Warung sembako yang berada di Jalan Yos Sudarso Kav 28 Jakarta Utara ini, akan di buka dari Senin hingga dengan Jumat dari pukul 11.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB. Saat ini, warung ini menjual sebanyak 100 paket sembako.

“Siapapun juga boleh untuk datang. Tapi syarat satu, orang dalam sehari hanya boleh membeli satu paket sembako saja,” ucap dia.

Saat ini, Jusuf Hamka juga sedang mencoba untuk dapat menggandeng beberapa pengusaha di Indonesia untuk membuka warung sembako serupa di daerah-daerah lain. Dia menargetkan, minimal di setiap satu keluarahan itu terdapat satu warung sembako murah.

“Kami lagi coba temen-temen pengusaha untuk bisa memberikan subsidi kepada saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan. Saya sudah hitung kalau satu kelurahan jual 100 bungkus, dan pehari kita subsidi Rp 20 ribu. Per bulan paling banyak hanya Rp 60 juta," ucap dia.

Menurut dia, kesejahteraan masyarakat pada saat pandemi Covid-19 akan berefek pada keamanan dan juga ketertiban di dalam lingkungan sekitar.

“Kalau makan terjamin, keamanan ketertiban itu juga akan terjamin. Karena kalau ada yang kelaparan pasti ada pencurian atau juga penodongan,” ucap dia.

Jusuf Hamka mengatakan, Warung Sembako murah resmi dibuka pada Senin 30 Maret. Dia juga telah menjalin kerjasama dengan TNI untuk membantu mendistribusikan ke pembeli.

“Jadi kami buka pada pukul 11.30 WIB. Nanti dibantu sama temen-temen Kodim untuk penyalurannya. Jadi mereka masukkan uang ke boks. Nanti akan langsung dapat barangnya,” ucap dia.

Harapannya, Warung Sembako murah ini bisa bermanfaat untuk orang banyak. Jusuf Hamka mengajak semua masyarakat untuk bergotong royong menyelesaikan permasalahan ini.

“Jangan biarkan pemerintah menyelesaikan sendiri. Kita wajib berpartisipasi,” ucap dia.

Berita Terkait