Pedagang Telur Asin dan Bawang Brebes Berpindah Ke Tegal

Tegal, Beritainspiratif.com – Pada suatu kesempatan kembali dari Semarang menggunakan kendaraan darat menuju Cirebon untuk suatu keperluan Sabtu, (01/9/2018), kita tentunya akan melewati kota Brebes untuk berhenti sejenak membeli oleh oleh kuliner khas Kota Brebes, setidaknya Telur Asin atau bawang merah Brebes.

Namun semenjak jalan tol Trans Jawa yang melintasi Kabupaten Brebes dari Pejagan hingga Brebes Timur (Brexit-red) resmi di buka, banyak dari pengusaha maupun pedagang yang dagangannya kurang laku.

Hal tersebut disebabkan jalur perjalanan yang biasanya melintasi Kota Brebes dan melewati sentra penjualan kuliner Brebes berupa bawang merah, telur asin dan lainnya kini sudah tidak lagi dilintasi para pengendara dari luar kota semenjak adanya Tol Brebes Timur.

Mensiasati kondisi tersebut, kini para pedagang telor asin yang umumnya berasal dari Brebes, banyak yang merambah dan membuka usahanya di wilayah Kecamatan Margadana Kota Tegal.

Dengan lokasi baru tersebut para pengguna kendaraan darat diharapkan dapat mampir dan membeli terlebih dahulu telur asin Brebes , sebelum berbelok memasuki pintu tol Brebes Timur.

Dari pantauan beritainspiratif.com Sabtu, (01/9/2018) kini para pedagang tersebut berada di pinggir jalan raya pantura berderet kios atau toko yang berdiri menjajakan telor asin khas Brebes. Puluhan pedagang maupun pengusaha telor asin itu dijumpai di sepanjang Jalan Wahidin Sudirohusodo sampai Jalan Dr Cipto Mangunkusumo Kota Tegal atau wilayah Pesurungan Kidul hingga Kaligangsa.

Untuk membeli oleh-oleh khas Kota Brebes, kamipun berhenti di kios Telor Asin Agil Bebek Goreng (ABG) di Jalan di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo No.7 Kota Tegal, untuk membeli telur asin Brebes dan bawang merah Brebes

Sambil menunggu kamipun menyempatkan diri berbincang dengan pemiliknya Anto (51) sambil ditemani secangkir kopi.

Kami sekarang membuka kios telor asin di Kota Tegal, semenjak jalan tol Pejagan-Brebes dibuka, karena ditempat lama kami merugi dan omzetnya pun menurun, jika dibandingkan dengan sebelum adanya jalan tol.

“Ketika berjualan telor asin di Brebes, dan difungsikannya jalan tol Trans Jawa dari Pejagan-Brebes Timur (Brexit), pedagang telor asin disana banyak yang merugi, karena tidak laku,” ujar Anto

Sehingga para pedagang telor asin berpindah dan mendirikan kios atau toko di Kota Tegal dengan cara mengontrak lahan mulai harga Rp9 juta/tahun di sepanjang jalan pantura arah Jakarta, sebelum pembeli masuk Gerbang Tol Brexit.

Dagangan yang ada disini antara lain telor asin rebus, telor asin bakar, telor asin panggang atau oven, dan telor asin pindang yang dijual seharga seharga Rp 3.000 hingga Rp 4.000. sedangkan bawang merah dijual dengan harga per kilonya Rp 30.000.

Yanis

Bagikan: