PD Kebersihan Kota Bandung: Loseda Metode Termudah Atasi Sampah Organik



Bandung, Beritainspiratif.com - Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pendopo resmi diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebagai solusi persoalan sampah di Kota Bandung.

Pejabat Sementara Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari mengatakan, metode termudah yang dapat diaplikasikan warga masyarakat adalah Lodong Sesa Dapur (Loseda).

"Saya pikir Loseda adalah yang termudah. Cukup menanam sebuah pipa di tanah, dan sampah organik  otomatis akan menjadi kompos," Kata Gun gun di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung Jumat (21/2/2020).

Baca Juga:Dansektor-22-citarum-harum-setiap-hari-loseda-selamatkan-sampah-54-kk

Menurutnya, TPST Pendopo adalah solusi sampah  Kota Bandung dikemudian hari. Sampah organik dan anorganik, dipastikan tak lagi sampai ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Jadi sampah itu benar-benar selesai di sumbernya, tidak ada lagi sampah yang dikirim ke TPS. Kalau pun ada itu hanya sisa-sisa sampah yang tidak bisa lagi untuk dimanfaatkan. Jadi saya pikir TPST Pendopo adalah sebuah jawaban," ucapnya.

Contoh Loseda

Pengolahan sampah dengan metode Loseda, disebut dia adalah satu diantara cara lainnya yang dapat dilakukan di TPST Pendopo. Metode lainnya tak kalah bagus dan memiliki nilai jual.

"Tetapi ini kembali lagi kepada masyarakat sebagai pengguna anggaran, karena pemerintah sudah sangat siap. Malah di tahun ini telah disiapkan anggaran sebesar 10 persen dari PIPPK," katanya.

(Mugni)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta