Pastikan Tepat Sasaran, Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Program Rutilahu



Bandung,Beritainspiratif.com - Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan peninjauan program bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang di Kecamatan Cigugur Tengah, Kota Cimahi, Jumat (22/11/ 2019).

Anggota Komisi IV, DPRD Provinsi Jawa Barat, Kasan Basari mengatakan kunjungan kali ini untuk mengawal program Rutilahu di Provinsi Jawa Barat.
Komisi IV juga ingin memastikan, pengerjaan rutilahu berjalan dengan baik.

"Hari ini (22/11) kami meninjau langsung Rutilahu yang ada di Kecamatan Cigugur Tengah Kota Cimahi, untuk memastikan bantuan program rutilahu di Kecamatan Cigugur Tengah ini tepat sasaran," kata Kasan.

Menurut dia, dari hasil kunjungan ke beberapa daerah, pihaknya menemukan adanya program rutilahu yang tidak tepat sasaran. "Sehingga perlu ada pengkajian lebih dalam lagi mengenai penerima program rutilahu ini," tegasnya.

Kasan menilai program rutilahu di Kecamatan Cigugur Tengah sudah baik.

Ia berharap, kedepan dalam menyusun program, pemerintah provinsi lebih mempertimbangkan asas keadilan masyarakat. Hal itu dikarenakan beberapa program pemerintah yang dikuncurkan saat ini, masih ada yang tidak pro rakyat.

"Pemprov (Jabar) dalam menyusun program harus cermat dalam menggunakan anggaran, sehingga bisa tepat sasaran dan lebih mementingkan
kepentingan rakyat," ujarnya.

Katena itu ujar dia, Komisi IV akan terus mengkaji dan mengevaluasi program ditahun
2020, jangan sampai program yang ada mencederai asas keadilan masyarakat.

Sementara itu Anggota Komisi IV Mochamad Ichsan mengatakan, jumlah penerima bantuan program rutilahu perlu ditambah. Tahun 2019 ini, baru 10 ribu unit rutilahu yang sudah dikerjakan dari target 46 ribu.

"Kami mendorong Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga bisa mengerjakan rutilahu sesuai dengan target awal 46 ribu rutilahu," ucapnya. (Ida)

Berita Terkait