Para Pelestari Alam Indonesia, Ikuti Ajang KEHATI AWARD 2020 Ini !



Jakarta, Beritainspiratif.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati (biodiversity) terbesar di dunia. Hal ini terbukti dengan keberadaan ribuan flora dan fauna yang hidup di Indonesia. Namun, ancaman kepunahan spesies di Indonesia yang sangat tinggi menjadi tantangan terbesar.

Yayasan KEHATI menyadari bahwa upaya masyarakat melindungi, melestarikan, serta memanfaatkan keanekaragaman hayati perlu mendapatkan perhatian dan apresiasi.

Untuk mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan individu-individu yang melakukan penyelamatan lingkungan dan kelompok-kelompok yang sudah berusaha keras untuk mengurangi kerusakan alam, sejak tahun 2000, Yayasan KEHATI secara rutin menganugerahkan KEHATI Award sebagai penghargaan tertinggi dalam bidang lingkungan di Indonesia.

Tujuan dari KEHATI Award adalah menumbuhkan dan mendorong minat seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli, mencintai, dan mengambil peran dalam mendukung keanekaragaman hayati. Selain itu, para pemenang penghargaan ini diharapkan mampu mendorong pihak lain untuk mengikuti jejak yang sama.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, KEHATI Award akan memberikan anugerah kepada para inspirator yang secara konsisten menawarkan solusi untuk perkembangan lingkungan hidup di masa depan. Tahun ini, untuk kesembilan kalinya, KEHATI Award akan dilaksanakan.

Menjaga kelestarian alam Indonesia merupakan kewajiban setiap insan di Tanah Air. Butuh kesadaran dari masing-masing individu maupun kelompok untuk menjaga eksistensi eloknya keanekaragaman hayati di Indonesia.

Sayangnya, kini banyak spesies flora maupun fauna yang berada di ambang kepunahan. Kondisi tersebut merupakan tantangan untuk Indonesia, bukan hanya tugas pemerintah, tapi seluruh masyarakat.

Menyadari pentingnya kesadaran menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Tanah Air, Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) memberikan apresiasi untuk pihak-pihak yang telah melakukan tindakan nyata untuk memperbaiki alam melalui KEHATI AWARD 2020.

Penghargaan tersebut telah diselenggarakan oleh Yayasan KEHATI sejak tahun 2000. Melalui adanya apresiasi ini, Yayasan KEHATI berharap para pahlawan pelestari keanekaragaman hayati semakin termotivasi serta dapat menginspirasi minat dan kesadaran masyarakat lainnya untuk peduli terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia.

KEHATI AWARD 2020 ditujukan kepada individu dan kelompok yang dapat memunculkan solusi bagi pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Video KEHATI AWARD.OR.ID

https://www.youtube.com/watch?v=_O1q8IujU-A&t=38s

Dilansir dari laman resmi www.kehati.or.id, Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan, antara lain:

1. PRAKARSA KEHATI

Penghargaan ini diberikan kepada perseorangan, kelompok, organisasi dari komunitas masyarakat lokal, seperti masyarakat adat, rukun warga desa, karang taruna, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Organisasi non-pemerintah (Ornop), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta kelompok lain yang berbasis masyarakat lokal.

2. PAMONG KEHATI

Penghargaan untuk perseorangan dari suatu lembaga kedinasan, badan pelayanan publik, instansi pemerintahan, dan lembaga negara di tingkat pusat ataupun di daerah (provinsi, kabupaten, kota, kecamatan atau desa).

3. INOVASI KEHATI

Kategori ini diperuntukkan untuk mengapresiasi tindakan dari perseorangan, kelompok, dan unit usaha dari sektor usaha kecil, usaha menengah, dan perusahaan rintisan/start-up.

4. CIPTA KEHATI

Penghargaan yang diberikan kepada perseorangan, kelompok, institusi dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peneliti dari lembaga penelitian dan pengembangan, dan akademisi.

5. CITRA KEHATI

Kategori ini diberikan untuk aksi pelestarian alam yang dilakukan perseorangan, kelompok, dan organisasi dari kalangan media dan komunikasi massa (termasuk jurnalis media cetak dan elektronik) serta pekerja seni dan budaya.

6. TUNAS KEHATI

Dalam kategori ini, diberikan apresiasi kepada perseorangan, kelompok remaja nusantara, dan mahasiswa yang telah memiliki aksi nyata untuk menjadi tunas harapan berikutnya dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia di masa yang akan datang.

Anda kah peraih apresiasi selanjutnya? Siapapun yang telah melakukan perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, dapat mendaftar lewat tautan www.kehati.or.id/kehatiaward

Pendaftaran berlangsung sampai dengan 31 Maret 2020.

Yanis

Berita Terkait