Para Pedagang Berharap PD Pasar Bermartabat Kelola Pasar Andir

Bandung,Beritainspiratif. com – Para Pedagang Pasar Andir mengkalim selama oleh pihak ke tiga yaitu  PT APJ (Aman Prima Jaya) pengelolaan Pasar Andir tidak optimal. Dengan itu Para Pedagang berharap kepada PD. Pasar Bermartabat bisa menjadi pengelola di Pasar Andir.

Menurutnya PD Pasar Bermartabat telah menunjukan keseriusanya dalam memperbaiki sarana dan prasarana di Pasar Andir.

Bubun Abdurahman salah seorang pedagang aneka kemasan di Pasar Andir menilai, PD. Pasar Bermartabat sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota Bandung lebih mengutamakan kepentingan masyarakat ketimbang pihak swasta yang lebih berorientasi pada keuntungan materi.

“Kita berharap bahwa PD Pasar itu BUMD yang pastinya punya fungsi sosialnya. Kalau swasta itu kan orientasinya bisnis. Salah satu contohnya ketika terjadi pengamanan aset, itu disertai perbaikan fasilitas-fasilitas. Itu tidak terjadi selama tiga tahun kemarin. Tidak ada perbaikan seperti ini,” kata Bubun di Pasar Andir, Selasa (3/9/2019).

Bubun memaparkan, keamanan dan kenyaman menjadi faktor utama dalam menunjang kelancaran aktivitas berjualan. Hal inilah yang selalu dipertimbangkan oleh pedagang ketika memilih berdagang di Pasar Andir.

“Pedagang berinvestasi di Pasar Andir itu kan bahwa keamanan itu hal yang paling utama. Bagaimana merasa aman ketika ada perebutan masalah pengelolaan yang bedampak pada kenyamanan pedagang,” jelasnya.

Bubun sangat mengapresiasi langkah PD. Pasar Bermartabat yang mendatangkan bantuan pengamanan dari aparat kepolisian. Utamanya, dalam menjaga akses vital seperti ruang panel, ruang trafo, ruang pompa dan ruang genset.

Bubun mengungkapkan, akses vital tersebut menjadi titik yang paling krusial, mengingat erat kaitannya dalam mengantisipasi musibah kebakaran. Dia menyatakan musibah kebakaran Pasar Andir pada 2010 silam membuat pedagang trauma.

Dengan adanya petugas kepolisian yang berjaga tersebut, Bubun merasa tak perlu khawatir lagi. Setidaknya, kata dia, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa secepatnya diketahui atau bahkan ditangani.

“Terkait adanya bantuan pengaman itu setidaknya bagi kita memberikan kenyamanan. Kalau terjadi sesuatu kan kalau dekat itu bisa secepatnya tertangani. Terkait tujuannya seperti apa, tapi bagi kami itu sudah memberikan kenyamanan,” katanya.

Sementara itu, Pjs Direktur Utama PD. Pasar Bermartabat, Lusi Lesminingwati menyatakan, selain keamanan pihaknya juga ingin memberikan pelayanan terbaik berkenaan dengan kenyamanan fasilitas Pasar Andir.

“Selama ini kita perbaiki fasilitas agar pedagang nyaman dan aman. Pembeli pun nyaman,” kata Lusi.

Lusi menyayangkan banyak fasilitas Pasar Andir yang kurang terpelihara dengan baik. Menurutnya, keamanan dan kenyaman merupakan tanggungjawab pengelola, terlepas dari siapapun pengelolanya.

“Sekarang kami bertanggung jawab secara langsung terhadap aset. Oleh karenanya, kami bertanggungjawab atas kenyaman di aset itu,” bebernya.

(Mugni)

Bagikan: