Pandemi Covid-19, Sebagian Besar Kegiatan DPU Kota Bandung Terhenti



Bandung, Beritainspiratif.com - di masa pandemi Covid-19, sebagian besar instansi di Pemerintah Kota Bandung kesulitan dalam merealisasikan anggaran secara optimal. Bahkan di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung memangkas anggaran kegiatannya sebesar 75 persen.

“Sekarang anggaran kami sisa Rp186 miliar dari sekitar Rp400 miliar,”ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Alam DPU Kota Bandung Yul Zulkarnaen di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Kamis (25/6/2020).

Baca Juga:Perguruan-tinggi-di-jabar-terus-lahirkan-inovasi-untuk-tangani-covid-19

Menurutnya, hal tersebut berdampak pada terhentinya sebagian besar pekerjaan DPU. Ada beberapa proyek yang mesti tertunda, seperti proyek pembuatan kolam retensi, peningkatan jalan, hingga pembangunan fly over.

“Jadi kami titik beratnya pada pemeliharaan. Kami membeli bahan material yang nanti pekerjaannya dilakukan secara swakelola,” jelasnya.

Beberapa waktu terakhir, DPU sedang fokus pada pembuatan marka jalan dan jalur sepeda untuk memfasilitasi animo pesepeda yang mulai meningkat. Selain itu, DPU juga bersiap membangun rute aman sekolah kendati sekolah masih libur.

“Kami telah membangun rute aman sekolah di seputaran sekolah sehingga bisa mendorong anak aman berjalan kaki ke sekolah, tidak perlu diantar oleh orang tua,” katanya.

Baca Juga:Pemkot-bandung-beri-lampu-hijau-pegiat-sepeda-gunung-gunakan-lintasan-kanhay

Di sisi lain, program memperbanyak drumpori di wilayah-wilayah tetap gencar. Program yang melibatkan berbagai komunitas itu dilakukan untuk mempersiapkan cadangan air yang ditampung saat musim hujan tiba.

“Kita terkadang saat musim hujan kelebihan air, waktu kemarau kekurangan air. Jadi kita maksimalkan pembangunan drumpori agar bisa menambah resapan air saat musim hujan untuk menambah air baku,” ungkapnya.

(Mugni)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta