Paling Kreatif, Warga Indonesia di Adelaide Australia Selatan Raih Penghargaan



Beritainspiratif.com - Komunitas Indonesia di Adelaide, Australia Selatan memenangkan penghargaan peserta paling kreatif, atau "Most Creative Award" saat pawai 'Australia Day' (26/01).

Dalam perayaan 'Australia Day', 65 warga Indonesia berada diantara 3.500 orang dari komunitas negara-negara lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pawai yang digelar di pusat kota Adelaide.

Sambil membawa spanduk bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika", komunitas Indonesia menggunakan pakaian adat dari sejumlah provinsi dengan diiringi alat musik rebana. Bahkan ondel-ondel ikut terlihat dalam pawai tersebut. Julie Luqman, koordinator kelompok Indonesia di pawai tersebut mengatakan terkejut saat mendengar mereka menang.

"Kita sangat terkejut ketika sedang berjalan ada staf dewan Adelaide memberi sertifikat bahwa kita menang 'Most Creative Award'," kata Julie.

"Kita belum pernah dapat sebelumnya," tambah Julie, yang juga Wakil Ketua kelompok masyarakat Indonesia di Adelaide.

Julie awalnya bahkan tidak berharap kalau komunitas Indonesia akan menang, bukan hanya lebih dari 100 negara dan komunitas yang ikut dalam pawai tersebut, baju mereka pun terlalu beragam.

"Saya sempat bilang sama semua, kita jangan mengharapkan menang, kita tidak akan pernah menang karena yang diharapkan dewan [pakaian] harus seragam," katanya.

Tapi siapa yang menyangka jika keberagaman itulah yang membuat mereka menang.

Semangat menang lagi

Kemenangan pertama dari komunitas Indonesia di Adelaide dalam pawai 'Australia Day' membangkitkan semangat Julie untuk memenangkan kategori lainnya tahun depan.

"[Saya harap] kita bisa lebih kreatif lagi supaya bisa memenangkan 'Best Costume' atau 'Judge Favorite' [favorit juri]."

Menurutnya, kemenangan ini sangatlah berarti karena bisa semakin meningkatkan citra Indonesia di dunia international.

"Kita menang seperti ini [sudah] mengharumkan nama Indonesia," kata Julie kepada Natasya Salim dari ABC News.

"Komunitas [Indonesia] di sini [Australia] bisa mendapatkan sebuah penghargaan, sehingga keunikan dan kebaikan Indonesia bisa semakin dikenal dunia." kutip Antara.

Di Melbourne, komunitas Indonesia juga ikut ambil bagian dalam pawai yang digelar sepanjang Swanston Street, tarian dari Papua menjadi salah satu yang ditampilkan dalam pawai tersebut. (***)

Berita Terkait