Pagelaran Tari Gandai dari Provinsi Bengkulu Catat Rekor Dunia MURI

Bandung, Beritainspiratif.com – Tari Gandai merupakan tarian khas Kabupaten Mukomuko yang biasa dilakukan pada saat dilakukannya suatu perayaan, terutama perayaan pernikahan dan dapat dipagelarkan dalam satu malam suntuk. Semakin malam, semakin ramai masyarakat yang mengikuti tari gandai tersebut.

Dalam rangkaian Peringatan Hari Pers Nasional, PWI Mukomuko dan Bupati Mukomuko mengadakan pagelaran tari gandai yang melibatkan 1.435 penari untuk mengenalkan tarian ini kepada dunia, dalam rangka pencatatan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang dilaksanakan dengan menampilkan Penarik Terbanyak berlangsung di halaman Kantor Bupati Mukomuko, pada Kamis, (14/3/2019).

Bahkan dari target 1.000 penari, pesertanya mencapai 1.435 penari. “Rekor ini tidak hanya rekor nasional. Tetapi telah menembus rekor dunia. ”Hal ini disampaikan oleh Manager MURI, Ridho Al Amin didampingi Asisten Manager MURI, Andre Purwandono, yang menyaksikan langsung Pagelaran tersebut.

MURI menyaksikan langsung dan melihat kuantitasnya. Sehingga sah dinobatkan sebagai salah satu rekor MURI. Suksesnya kegiatan tersebut, membuat tidak sedikit dari peserta Tari Gandai yang menitikkan air mata haru. Termasuk juga dialami sejumlah pejabat Pemkab Mukomuko, pengurus dan anggota PWI Kabupaten Mukomuko, yang awalnya tidak menyangka, jerih payah yang sudah dilakukan selama ini, secara bersama-sama, akhirnya membuahkan hasil berupa prestasi yang sangat membanggakan daerah.

“Saya sangat bangga kepada ibu-ibu yang telah mengangkat harkat martabat daerah dan masyarakat kita secara nasional hingga dunia,” ucapnya.

Masyarakat datang berduyun-duyun dari 15 kecamatan di daerah ini, menunjukkan kecintaan pada Kabupaten Mukomuko. Semuanya bisa terselenggara atas kerjasama pemerintah daerah, PWI, OPD-OPD, Camat dan perusahaan-perusahaan.

Hal ini menunjukkan sebuah kebersamaan, yang bisa membuat Kabupaten Mukomuko terkenal soal seni Tari Gandai.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang diwakili Asisten I Setdaprov Bengkulu, Hamka Sabri menyampaikan salut. Apalagi kegiatan ini digelar oleh wartawan, sehingga kegiatan dapat terekspose ke public secara luas.

“Kegiatan ini sangat luar biasa untuk budaya dan menyongsong wonderful Bengkulu 2020,”ujarnya. Pagelaran Tari Gandai juga langsung disaksika Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, Atal Sembiring Depari, Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat Muhammad Nasir, Direktur Investasi dan Administrasi Antara, Theo Yusuf, Plt Ketua PWI Bengkulu Syahyarudin, Ketua Dewan Kehormatan PWI Bengkulu sekaligus Dirut BEMG Sukatno MSi, Wakil Bupati Mukomuko Haidir, Asisten II Setdaprov Bengkulu Hj Yuliswani, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Mukomuko, utusan Bupati dari sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu serta sejumlah pimpinan media di Bengkulu, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Piagam Penghargaan MURI diserahkan oleh Manajer MURI, Ridho Al Amin kepada Bupati Mukomuko Choirul Huda dan Ketua Panitia Pelaksana Budi Hartono SP didampingi Ketua PWI Mukomuko, Amris Tanjung dan lainnya.

Dilansir dari laman Rekor MURI, Pagelaran tari gandai yang melibatkan 1.435 penari ini dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8886, dengan Rekoris Choirul Huda, S.H. (Bupati Mukomuko) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mukomuko Provinsi Bengkulu.

Yanis

Bagikan: