Pagelaran Goyang Tobelo dari Maluku Utara Peserta Terbanyak Catat Rekor MURI



Halmahera Utara, Beritainspiratif.com - Menyemarakkan Festival Wonderful Halmahera 2018 yang dimulai pada 26 November 2018 hingga 1 Desember 2018, Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara menyajikan berbagai festival budaya dan berbagai macam lomba, seperti balap sepeda, lari maraton 10 kilometer lintas alam gunung api Dukono, perahu hias kora-kora, lomba seni budaya dan lagu daerah, tarian adat hingga kuliner dan pagelaran goyang tobelo massal dengan menggaet 1.195 peserta.

Dilansir dari laman Rekor MURI, goyang Tobelo atau Lagu Hioko Tobelo II diciptakan oleh Kelvin Fordatkosu kelahiran Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, adalah penyanyi yang mengusung genre hip-hop, pop, R&B soul Ambon Manise.

Lagu Hioko Tobelo II mengandung makna yang cukup dalam, yakni tentang kerinduan seorang anak rantau terhadap tanah kelahirannya nan permai, Tobelo.

Lagu yang memiliki pesan baik untuk direnungkan, selain mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi rasa persahabatan, dan cinta tanah air, lagu ini juga bisa menjadi media untuk mempererat silaturahmi antarwarga Maluku dan Maluku Utara khususnya, serta semua masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sajian goyang Tobelo dengan peserta terbanyak ini telah dicatat dalam Rekor MURI dengan Nomor 8768 dengan Rekoris Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, yang telah dilaksanakan di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, 1 Desember 2018.

(Yanis)

Berita Terkait