Pada Dies Natalis ISBI Dikenalkan Nasi Kojong Makanan Adat Garut Selatan



Bandung, Beritainspiratif.com - Berbagai upaya terus dilakukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, untuk memperkenalkan berbagai budaya dan adat yang ada di Indonesia, salah satunya makanan adat asal Kampung Adat Dukuh, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Makanan adat bernama Nasi Kojong dihadirkan di halaman gedung kesenian Sunan Ambu, Sabtu (6/10/2018). Nasi Kojong adalah nasi yang dibungkus daun pisang diisi sayur, potongan daging serta kerupuk.

Menurut bagian kerjasama ISBI Bandung, Iip Syarif, tahun ini ISBI Bandung melakukan eksplorasi dan pencarian makanan-makanan adat untuk dipublikasikan.

“Salah satu makanan khas yang digali lalu dipublikasi oleh ISBI Bandung pada tahun ini adalah Kojong, Kojong ini hanya ada satu-satunya dimasyarakat Kampung Adat Dukuh, di Garut Selatan, Cikelet. Ini sebagai bentuk kepedulian ISBI untuk eksistensi makanan adat, lalu kita hadirkan di kampus supaya mendapat apresiasi dari masyarakat,” jelasnya.

Iip menambahkan, bahan-bahan yang ada dalam Nasi Kojong sangat khas mulai dari daun pisang hingga potongan daging.

“Sebetulnya Kojong sendiri tempatnya terbuat dari daun pisang Mangala, khusus, kalau di dalamnya itu, makanannya itu nasi kemudian ada sayur, kalau aslinya itu sayur kluih, kemudian potongan daging dan krupuk, sekarang dihadirkan di ISBI." ujarnya.

Iip melanjutkan, jumlah Nasi Kojong yang tersedia pada kesempatan tersebut ada 750 bungkus dan dari pantauan Beritainspiratif.com, jelang siang Nasi Kojong dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang hadir.

Senada dengan Iip, rektor ISBI Een Herdiani mengkonfirmasi hal tersebut, selain ISBI melakukan studi adat dan kebudayaan ISBI juga turut mempublikasikan secara langsung hal-hal yang berkaitan dengan adat dan budaya.

“Begini, mungkin ga tau apa sih Nasi Kojong apa Kojong, pasti akan heran gitu, orang tidak banyak tahu tentang Kojong, makanya kita hadirkan masyarakat dari adat Cikelet itu untuk dikenalkan kepada masyarakat banyak dan jangankan anak anak dan generasi muda yang tua pun ada yang tidak tahu mengenai Nasi Kojong,” tegas Een.

Ditahun-tahun mendatang akan dihadirkan kembali makanan adat pada ulang tahun ISBI, “Sementara ini dulu, mungkin kita ingin dari masyarakat adat yang lain misalnya dari Cireundeu, adat di sana itu ada makanan dari singkong yah itu pun luar biasa sekali,” Pungkasnya. (Tito)

Berita Terkait