Orang Yang Sudah Divaksin Miliki Risiko Rendah Terkena Covid-19



Beritainspiratif.com - Pemerintah Indonesia secara resmi telah memulai program vaksinasi untuk menekan penyebaran penularan Covid-19 sejak Rabu (13/1/2021) kemarin.

Program ini dimulai dengan suntik vaksin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta jajarannya. Selanjutnya diikuti oleh pejabat publik, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan. Program suntik vaksin ini juga dilanjutkan ke seluruh provinsi di Indonesia yang dimulai pada Kamis (14/1/2021).

Melalui program suntik vaksin ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga nantinya bisa menekan dan menghentikan pandemi covid-19.

Baca Juga:17-orang-kriteria-ini-tidak-bisa-disuntik-vaksin-covid-19-sinovac

Epidemiolog UGM Bayu Satria yang dilansir di laman resmi UGM Kamis (14/1/2021) mengungkapkan bahwa program suntik vaksin ini dilakukan secara bertahap dimana saat ini diprioritaskan adalah para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19. Bagi warga masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi diharapkan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan tetap perlu karena perlindungan melalui suntik vaksin tidak 100 persen. Namun, paling tidak mereka yang sudah divaksin risikonya sangat rendah untuk terkena covid yang parah,” unagkap Bayu Satria.

Bagi warga masyarakat yang nantinya sudah mendapat suntik vaksin, Bayu menegaskan bahwa tidak sepenuhnya langsung bisa kebal terhadap virus tersebut karena memerlukan waktu hingga terbentuk imun. Apalagi suntik vaksin dilakukan selama dua kali.

“Setelah mendapat vaksin perlu tetap protokol kesehatan karena vaksin baru memberikan perlindungan paling bagus sekitar 1-2 minggu pasca suntikan kedua. Yang pasti kita tetap jaga diri setelah suntik. Sebab, masih tetap bisa terkena jika imun belum terbentuk,” ujarnya.

Soal vaksin Sinovac yang digunakan oleh pemerintah yang belum memprioritaskan kelompok anak-anak dan lansia di atas umur 59 tahun, Bayu, berpendapat dua kelompok ini nantinya akan mendapat suntikan vaksin ketika data dari hasil uji sudah lengkap. “Ketika data yang didapatkan sudah lebih detail nantinya akan diberikan juga vaksin untuk lansia dan anak anak. Saat ini masih menunggu data lebih lengkap,” tukasnya.

Ia juga sempat menyinggung soal kritik dari warganet yang masih mempertanyakan tingkat kemampuan efikasi Sinovac yang dianggap masih rendah dibanding jenis vaksin lainnya sehingga dianggap belum aman ketika disuntik vaksin tersebut. Bayu menilai vaksin Sinovac termasuk jenis vaksin yang paling bagus tingkat keamanannya.

“Masih cukup bagus karena masih memberikan perlindungan dua kali lipat atau lebih dan ditunjang juga hasil efikasi sementara di Indonesia sekitar 65 persen. Pemilihan vaksin yang paling utama adalah keamanannya, baru efikasi dan Sinovac ini termasuk paling bagus keamanannya,” paparnya.

Yanis
Foto     : Humas Setkab RI

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait