Orang Terkaya di Afrika Beli 10.000 Mobil Pedesaan Buatan Indonesia



Beritainspiratif.com - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Industri Putu Juli Ardika mengatakan, Salah satu pengusaha terkaya asal Afrika akan membeli 10.000 unit mobil pedesaan Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk dipasarkan ke Nigeria.

Pembelian mobil desa itu dilakukan melalui perusahaan Dangote Group, milik Aliko Dangote yang merupakan miliader asal Afrika.

"Jadi Dangote Group itu dia sangat berminat untuk melakukan impor, untuk customernya di sana," ucap Putu di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Putu menjelaskan, pengusaha Afrika tersebut tertarik dengan AMMDes yang merupakan mobil desa dengan fungsi penyedia air, pengolahan kasava, dan penanganan biji-bijian.

 "Timnya Dangote akhir Januari ini akan mengecek tiga unit sample untuk dibawa ke sana," ucapnya.

Rencananya, ekspor mobil tersebut akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun dengan tahun ini dan tahun depan direncanakan akan ekspor sebanyak 1.000 unit untuk tahun ini.

"Mudah-mudahan tahun ini sama tahun depan itu bisa 1.000 (unit), bertahap, 5 tahun lah," ucapnya.

Profil Aliko Dangote

Dilansir dari Bloomberg, Dangote Group sendiri merupakan perusahaan yang fokus bergerak di bidang industri seperti semen dan komoditas gula serta tepung.

Perusahaan ini memiliki daerah operasi di Nigeria dan sejumlah negara di Afrika, termasuk Benin, Kamerun, Togo, Ghana, Afrika Selatan, dan Zambia.

Dilansir dari Bloomberg Aliko Dangote sendiri merupakan pria dengan kekayaan 4,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60,2 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) pada tahun 2019. yang menjadikannya 100 pria terkaya dunia pada Bloomberg Billionaires Index.

Pengusaha Nigeria berusia 62 tahun yang merupakan industrialis paling terkemuka di Afrika mengakhiri dekade ini dengan kekayaan bersih hampir senilai 15 miliar dollar AS, menjadikannya orang terkaya ke-96 di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Sementara Daftar Orang Terkaya di Dunia 2019 versi Forbes, Dangote berada di posisi 136, dengan total kekayaan mencapai 8,9 miliar dollar AS (Rp 124,6 triliun). 

Dengan kekayaan sebesar itu, pria beranak tiga ini menjadi orang terkaya di benua Afrika. Forbes juga memasukkan dia ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia 2018, di posisi 66. Dangote merupakan pendiri Dangote Cement yang merupakan pabrik semen terbesar di Afrika.  Dangote Cement yang mempunyai pabrik di 10 negara di benua hitam itu memproduksi semen sebesar 45,6 juta metrik ton per tahun.

Dangote juga memiliki bisnis tepung dan gula dibawah naungan Dangote Group. Selain itu Dangote Group menjadi salah satu pengusaha minyak terbesar di Afrika dengan memiliki penyulingan terbesar di Nigeria.

Dengan jenis bisnisnya maka tak heran dirinya tertarik untuk meminang AMMDes yang dimana mobil tersebut cocok dengan jenis usaha yang bergerak dibidang Industri dan komoditas.

Yanis

Berita Terkait